, , , , , , ,

Peningkatan Panen Padi akan Memotivasi Petani Beralih ke Produk Petrokimia Gresik

(foto: Dadang Subiyanto)

Walikota Semarang Hendrar Prihadi;

PT Petrokimia Gresik dan Pemerintah Kota Semarang melakukan kerjasama di bidang pertanian pada Selasa (24/1). Kerjasama tersebut berupa kegiatan Gerakan Tanam Padi Sistem Jajar Legowo dan Gerakan Tanam Cabai Menggunakan Pupuk NPK Phonska Plus, di Desa Gilisari, Kecamatan Mijen, Kota Semarang. Menurut Walikota Semarang Hendrar Prihadi, kerjasama ini bertujuan untuk mempertahankan dan mengoptimalkan lahan persawahan di kawasan perkotaan.

Walikota yang akrab dipanggil Hendi ini berharap ada peningkatan panen padi yang biasanya hanya 5 ton, minimal bisa menjadi 7 ton per hektar. “Jika hal tersebut terjadi maka akan menjadi motivasi buat para petani untuk bisa beralih ke pupuk produksi Petrokimia Gresik,” ujarnya.  Disamping itu, keberhasilan panen juga untuk meningkatkan kesejahteraan masayarakat petani, khususnya di Kota Semarang.

Direktur Utama Petrokimia Gresik Nugroho Christijanto yang hadir pada acara tersebut mengatakan bahwa pengawalan teknologi lengkap ini sudah diterapkan di berbagai daerah. Dan Pengawalan teknologi tersebut terbukti berhasil meningkatkan produktivitas padi. “Saya mengapresiasi kegiatan semacam ini, mudah-mudahan pada waktu mendatang akan terus kita laksanakan. Selain bisa mendekatkan diri pada para konsumen, khususnya petani tanaman pangan untuk lebih mengenalkan berbagai produk Petrokimia Gresik, sekaligus memberikan bantuan dan supervisi berkenaan dengan produksi padi,” jelasnya.

Setelah menanam padi, acara dilanjutkan dengan menanam cabai bersama Ketua PKK Kota Semarang Krisseptiana dan beberapa pengurus lainnya.  Dalam kesempatam tersebut, Petrokimia Gresik memberikan bantuan  benih cabai unggul Petrochili varietas KLG 18, untuk lahan seluas 10 Hektar.  Selain itu juga memberikan bantuan  NPK Phonska Plus, Petroganik, Petrocas dan benih padi Petroseed.

Selain itu, acara yang melibatkan 350 petani dari berbagai kecamatan di Semarang tersebut juga menampilkan berbagai produk Petrokimia Gresik dan produk-produk pertanian UMKM lokal. Petrokimia Gresik memamerkan berbagai produk pupuk, benih dan produk pestisida dari anak perusahaan. Sedangkan untuk UMKM lokal memamerkan buah-buahan lokal yang dihasilkan oleh petani Kota Semarang. (Adhitya Herwin)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *