,

Petro Fish Berhasil Tingkatkan Produksi Patin

Ir. Tatang Suhartono, M.Si, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tulungagung, ketika memberi sambutan. (foto: Dadang Subiayanto)

Dari Uji Aplikasi Petro Fish di Desa Argosari, Kecamatan Ngunut, Tulungagung

Uji aplikasi Petro Fish di Desa Pulosari, Kecamatan Ngunut, Kabupaten Tulungagung, berhasil meningkatkan produksi ikan patin sebesar 10 %. Petro Fish adalah probiotik untuk ikan yang mengandung 5 mikroba. Disamping itu ikan cenderung lebih sehat, kualitas air meningkat, dan cita rasa ikan lebih baik. Hal ini dituturkan oleh Imam Turmudi, pembudidaya Patin yang kolamnya dijadikan uji aplikasi. “Setelah menggunakan Petro Fish, air di kolam saya menjadi hijau bening, dan rasa Patin lebih gurih, tidak bau tanah,” akunya.

Menurut Imam, pembudidaya ikan di desanya sudah mengenal beberapa produk probiotik sejak 2 tahun lalu. Tapi masih dia dan sesama pembudidaya lainnya, ragu untuk mengaplikasikannya. Baru ketika ditawari untuk uji aplikasi Petrofish, Imam menyanggupinya. “Petro Fish kan produk Petrokimia Gresik, dan saya sebelumnya sudah menggunakan beberapa produk lainnya, seperti PHONSKA dan Petroganik, untuk lahan pertanian saya,” ungkapnya.

Seremonial keberhasilan uji aplikasi Petro Fish tanggal 19 September 2017, dihadiri tidak kurang dari 85 pembudidaya ikan dari beberapa desa di Kecamatan Ngunut. Dalam sambutannya, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tulungagung Ir. Tatang Suhartono, M.Si, menyampaikan rasa terimakasihnya atas upaya Petrokimia Gresik. Upaya tersebut, baik berupa uji aplikasi Petro Fish, maupun pinjaman bunga lunak dari program CSR, bertujuan untuk meningkatkan produksi ikan dan kesejahteraan pembudidaya. “Semoga pendapatan pembudidaya ikan di Tulungagung, khususnya di Kecamatan Ngunut, semakin meningkat,” harapnya. (Made Wirya)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *