, , , , , ,

NPK Kebomas Diminati Perusahaan Perkebunan Dalam dan Luar Negeri

(foto: Made Wirya)

Data dari Direktorat Perkebunan mengungkapkan, total luas lahan perkebunan di Indonesia pada tahun 2015  mencapai 23.461.070 hektar. Angka ini diprediksi akan terus meningkat pada tahun-tahun berikutnya. Sampai dengan tahun 2014, kebutuhan pupuk NPK untuk lahan perkebunan di Indonesia,  lebih dari 7,5 juta ton per tahun. Sementara kemampuan produksi NPK non subsidi dari semua produsen, baik BUMN maupun swasta hanya mencapai 2,5 juta ton per tahun.

Petrokimia Gresik merupakan salah satu produsen pupuk yang dipercaya pemerintah dalam penyaluran pupuk subsidi. Untuk tahun 2017, kuantum penugasan NPK subsidi dari pemerintah mencapai 2.140.000 ton per tahun. Selain itu, PT Petrokimia Gresik juga memproduksi pupuk non subsidi. Salah satunya adalah NPK Kebomas. Selain memenuhi kebutuhan dalam negeri, NPK Kebomas juga diekspor untuk memenuhi pasar luar negeri

Menurut Direktur Utama Petrokimia Gresik Nugroho Christijanto, sejak tahun 2010 hingga 2016, Petrokimia Gresik telah mengekspor NPK Kebomas sebanyak 791.611 ton ke berbagai negara.  Di antaranya adalah; India, Philipina, Thailand, Brazil dan Nigeria. “Selain memproduksi NPK untuk pasar subsidi, kami memproduksi NPK Kebomas,  NPK non subsidi dengan formula customize yang bersifat specific commodity. Konsumen dari NPK dengan formula customize, kebanyakan dari perusahaan perkebunan kelapa sawit, karet, tebu, dan tembakau,” jelasnya.

Lebih lanjut Nugroho menjelaskan, Petrokimia Gresik juga memproduksi berbagai NPK dengan formula eksisting, di antaranya adalah, NPK 15:15:6 plus 4 Mg, NPK 12:12:17 plus 2 Mg, NPK 13:6:27 plus 4 Mg dan 0,5 B,  dan NPK 12:11:20.  Dan untuk menghasilkan produk yang berkualitas, Petrokimia Gresik melakukan pengawasan yang ketat pada proses produksi NPK Kebomas. Pengawasan tersebut dimulai dari pemilihan bahan baku, granulating, drying, screening, hingga  penyimpanan di gudang.

Sejak dilepas di pasar, NPK Kebomas mendapat sambutan positif dari konsumen, baik dari perusahaan perkebunan maupun petani. Petani tebu rakyat di Jawa Timur, dan beberapa daerah sentra tebu lainnya, sudah cukup lama menggunakannya. Menurut Dwi Rianto Ketua DPD Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia PG Kebonagung, NPK Kebomas terbukti mampu meningkatkan produktivitas tebu.”Sudah empat tahun ini kami menggunakan NPK Kebomas. Beberapa keunggulan yang membuat kami lebih untung, di antaranya adalah batangnya semakin kuat, tahan kering, dan produktivitas tinggi. Di lahan kering produktivitas bisa mencapai 100 hingga 125 ton per tahun,” ujarnya.

Konsumen NPK Kebomas juga dari kalangan petani tembakau di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan NTB. Khusus untuk tembakau dan hortikultura, Petrokimia Gresik memproduksi NPK Kebomas 12:11:20. Menurut Lalu Sahabuddin, Ketua Asosiasi Petani Tembakau Indonesia, Kabupaten Lombok Timur, NTB, NPK Kebomas terbukti mampu meningkatkan rendemen tembakau. “Setelah menggunakan NPK Kebomas, rendemen keringnya memuaskan, sebelumnya hanya 12 % meningkat menjadi 14 %, meskipun kami menanam tembakau pada saat kemarau basah. Selain itu berpengaruh juga pada kualitas daun tembakau, ditunjukkan dengan munculnya warna oranye setelah proses pengovenan,” paparnya.

Direktur Pemasaran Meinu Sadariyo mengemukakan, Sebagian besar konsumen NPK Kebomas adalah perusahaan-perusahaan perkebunan. Beberapa perusahaan perkebunan kelapa sawit  yang menjadi pelanggan setia NPK Kebomas, di antaranya adalah PT Astra Agro Lestari, PTPN III sampai dengan XIII, PT TH Feldha Nusantara, PT Lyman Agro, dan PT Korintiga Hutani. “Tidak hanya konsumen dalam negeri, NPK Kebomas juga dipercaya oleh konsumen luar negeri. Kami mempunyai beberapa konsumen setia dari berbagai negara. Salah satunya adalah Swire Agricultural Products, Inc.,” ungkapnya.

Menurut Ricardo S. Murillo , President Swire Agricultural Products, Inc., Petrokimia Gresik merupakan perusahaan pupuk yang handal dan terpercaya. Produk-produk yang dihasilkan unggul, utamanya produk NPK. “Pelayanan yang diberikan kepada konsumen juga fantastis, keluhan ditanggapi dengan cepat tidak lebih dari 24 jam. Dibandingkan dengan produk (NPK) dari Cina dan vietnam, kualitas NPK produk Petrokimia Gresik lebih baik. Saya percaya pada Petrokimia Gresik,” tuturnya. (Made Wirya)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *