Petro Biofeed Probiotik untuk Meningkatkan Produktivitas Ternak Ruminansia

(foto: Ganef Setiawan)

Untuk meningkatkan keseimbangan mikroflora dalam saluran pencernaan, ternak ruminansia perlu mendapatkan probiotik. Keseimbangan mikroflora tersebut diperlukan karena berpengaruh pada penyerapan lemak, karbohidrat, dan protein. Probiotik adalah produk yang mengandung mikroba hidup non patogen, yang bermanfaat untuk memperbaiki laju pertumbuhan, efisiensi pakan, dan kesehatan hewan. Mengingat pentingnya peran probiotik tersebut, peternak ruminansia hendaknya memanfaatkannya, jika menginginkan ternak ruminansianya bisa  tumbuh dan berkembang dengan baik. Saat ini probiotik sudah banyak dijual di berbagai kios pertanian dengan berbagai merk. Salah satunya adalah Petro Biofeed, probiotik untuk ternak ruminansia yang diproduksi oleh Petrokimia Gresik.

Menurut Direktur Pemasaran Petrokimia Gresik Meinu Sadariyo, latar belakang kenapa Petro Biofeed diproduksi adalah karena ruminansia, khususnya sapi potong merupakan aset nasional. Sebagai aset nasional sapi potong harus ditingkatkan produksinya secara berkelanjutan, agar bisa memenuhi kebutuhan daging nasional dan mengurangi kuantitas impor. “Salah satu upaya untuk meningkatkan produktivitas daging, adalah dengan memperbaiki kualitas pakan ternak sapi dan ruminansia lainnya. Dari berbagai uji yang kami lakukan, Petro Biofeed terbukti mampu meningkatkan produktivitas bobot badan antara 15 – 30%,” ungkapnya.

General Manager Riset Petrokimia Gresik Iwan Dhaniyarso menjelaskan, peningkatan bobot badan tersebut karena Petro Biofeed mampu memecah makanan menjadi masa otot. “Petro Biofeed juga memperbaiki serapan nutrisi dalam sistem pencernaan, sehingga menambah nafsu makan ternak ruminansia. Dan meningkatkan kemampuan mencerna protein sehingga dapat mengurangi bau pada kotoran ternak,” paparnya. Selain itu probiotik yang sudah mendapatkan ijin edar sejak 28 Juni 2013 tersebut, bisa menambah kekebalan ternak dari serangan penyakit.

Parwi (52), peternak dari  Desa Ringinrejo, Kecamatan Kalitidu, Bojonegoro, sudah sejak tahun 2014 menggunakan Petro Biofeed. Probiotik itu dicampurkannya pada konsentrat sebelum diberikan ke sapi-sapinya. “Sapi peliharaan saya  nafsu makannya bertambah, cepat gemuk, dan tahan terhadap penyakit. Harga jualnya tentu saja juga menjadi lebih mahal. Jika sebelumnya penggemukan sapi dalam tempo 4 bulan bisa terjual hanya Rp. 9 juta, setelah menggunakan Petro Biofeed bisa mencapai Rp. 11 juta,” ujarnya. Harga Petro Biofeed terjangkau untuk peternak kecil seperti dirinya, apalagi jika dikalkulasi dengan peningkatan harga jual ternaknya. “Bagi peternak kecil seperti saya, tidak masalah menambah biaya untuk pembelian probiotik, asalkan masih jauh lebih menguntungkan,” pungkasnya.

Manfaat Petro Biofeed untuk meningkatkan produktivitas ternak juga diakui oleh Puguh Prasetyono (44).  Inseminator yang tinggal di Desa Cengungklung, Kecamatan Gayam, Bojonegoro tersebut mengatakan, bahwa saat ini sudah mulai banyak peternak di wilayah kerjanya yang sudah menggunakan Petro Biofeed. Dia berani merekomendasikan Petro Biofeed kepada para peternak. “Sebab saya sudah membuktikannya pada 12 domba milik  saya sendiri. Saya mengenal probiotik sejak awal 2000-an, setelah mencoba berbaga merk  probiotik, Petro Biofeed yang terbaik. Jika kita aplikasikan urine dan feses ternak tidak berbau, dan yang lebih penting lagi pertumbuhan ternak sangat bagus.

Petro Biofeed sangat mudah diaplikasikan, cukup dengan mencampurkannya secara merata pada pakan ternak, baik untuk konsentrat kering maupun basah. Dosis yang direkomendasiikan adalah 15 sampai dengan 60 ml per ekor per hari, dan diberikan pada  pagi dan sore hari sesuai jadwal comboran. Atau bisa juga dicampur dengan air minum dan fermentasi pakan. Petro Biofeed berbentuk cair dan berwarna kecoklatan, dijual dalam kemasan botol PET 1 liter. Produk probotik yang memiliki ijin edar dari Kementerian Pertanian dengan nomor D 13064565 FTC tersebut, bisa didapatkan di berbagai kios pertanian dan Petromart. (Made Wirya, Rina Wijayanti)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *