, , , , ,

Petrokimia Gresik Raih Bronze Winner Kategori Brand Identity

Kadek K. Laksana (kiri) dan Piotr Jakubowski (kanan), Chief Marketing Officer  PT. GO-JEK Indonesia, salah satu juri BUMN Branding & Marketing Award 2017 (foto: Made Wirya)

Petrokimia Gresik kembali meraih penghargaan, kali ini didapat dari ajang BUMN Branding & Marketing Award 2017. Pabrik pupuk terlengkap di Indonesia tersebut mendapatkan bronze winner corporate branding, dalam kategori brand identity. Sedangkan untuk  gold dan silver dalam kategori yang sama, diraih PT Pertamina Lubricants dan PT Perkebunan Nusantara X. Salah satu ajang bergengsi di tanah air itu, dilaksanakan pada Kamis (14/12)  di Hotel JS Luwansa, Jakarta.

Penghargaan untuk Petrokimia Gresik diterima oleh GM Pemasaran dan Logistik Kadek K. Laksana, mewakili Direktur Pemasaran. Menurut Kadek, memang selama ini nama perusahaan sangat melekat pada brand produk. Hal tersebut sesuai dengan berbagai produk  yang selalu membawa nama Petrokimia Gresik. Sebut saja misalnya Petro Gladiator, Petrobio Feed, Petro Hi-Corn, ZA Petro, Urea Petro, dan banyak lagi.

“Dalam konsep branding di perusahaan, kata “petro”  memang kami tonjolkan. Karena kata tersebut sangat kuat identitasnya di mata customer, utamanya petani.  Kata tersebut menjadi jaminan bahwa produk  dibuat dengan kualitas yang bagus,” jelasnya. Menurut Kadek, ke depannya kata “petro”  akan tetap menjadi umbrella bagi produk-produk Petrokimia Gresik yang baru. Seperti “Petro Niphos”, pupuk dengan  kandungan 20 % Nitrogen, 20 % Fosfat, dan 13 % Sulfur. Pupuk  majemuk berkualitas tersebut akan di-launching pada Maret 2018.

BUMN Branding & Marketing Award 2017 diselenggarakan oleh BUMN Track, dengan dukungan Rumah Perubahan dan Arrbey Consulting. Tahun ini  mengambil tema “To Handle Disruption. Pemimpin Redaksi BUMN Track Akhmad Kusaeni mengatakan,  proses penjurian berlangsung dua tahap, yakni seleksi dokumentasi kuesioner dan wawancara. Dari 103 peserta, sebanyak 70 perusahaan yang terdiri dari 40 BUMN dan 30 Anak Perusahaan BUMN lolos penjurian tahap kedua.

Wawancara dan pendalaman materi terhadap peserta yang lolos tahap ke dua, dilakukan di hadapan dewan juri. “Sebanyak 16 CEO atau Dirut melakukan presentasi, 26 Direktur Marketing, selebihnya diwakilkan pejabat selevel Vice President, Corporate Secretary dan General Manager. Ini menunjukkan antusiasme dan keseriusan peserta dalam mengikuti ajang ini. Kita patut mengapreasiasi kinerja mereka,” papar Akhmad Kusaeni.

 Pendiri Rumah Perubahan sekaligus Ketua Dewan Juri BUMN Branding & Marketing Award 2017 Prof. Rhenald Kasali mengungkapkan, disruption bukan sekadar mengembangkan layanan berbasis aplikasi online. Tapi disruption juga merupakan sebuah paradigma baru, bahwa mengembangkan perusahaan tak semata harus memperbesar kepemilikan, tetapi lebih kepada  memperbesar kemampuan  berbagi.  “Tren disruption juga merubah perilaku perusahaan   terhadap berbagai kegiatan ekonomi lain,” ungkapnya

Sementara itu CEO BUMN Track S.H Sutarto menyampaikan bahwa era disrupsi dan digitalisasi saat ini penuh dengan ketidakpastian. Dalam situasi tersebut dibutuhkan pemimpin yang cakap dalam hal strategi maupun implementasi. “Nah, para pemenang award tahun  2017 ini telah mampu memberikan arahan yang tepat bagi perusahaannya,” katanya pada saat jeda makan siang. (Made Wirya)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *