, , , ,

Buah Naga, Buah Eksotik yang Bermanfaat untuk Kesehatan Ibu Hamil

Saat ini hampir semua orang  mengenal  buah naga, buah  bersisik yang rasanya manis segar dengan sedikit sentuhan masam. Buah yang dikenal oleh masyarakat Cina sebagai bunga pembawa berkah ini ternyata berasal dari Mexico. Di daerah asalnya buah berbiji hitam kecil dan lunak ini dinamakan Pitahaya, dan sudah sejak ratusan tahun yang lalu menjadi salah satu buah yang disukai oleh orang-orang Indian. Buah naga mulai masuk ke Asia, utamanya Vietnam dibawa oleh pelaut Perancis pada akhir abad 20.

Di Vietnam buah naga semula dikenal sebagai tanaman hias, karena berbentuk artistik dengan bunga dan buah yang mempesona. Dijadikannya buah naga sebagai tanaman hias, bisa jadi karena keunikan penampang batangnya,  berbentuk segitiga dan menjulur mengikuti gravitasi. Bunga tanaman ini mulai mekar saat senja, dan mekar penuh ketika tengah malam, sehingga dikenal juga sebagai night blooming cereus. Pada proses mekarnya bunga, bau harumnya menyebar dibawa angin malam, mewartakan kepada kelelawar agar datang untuk melakukan penyerbukan.

Secara umum ada tiga jenis buah naga yang dibudidayakan. Meskipun ketiganya mempunyai bentuk yang relatif sama, tapi dibedakan oleh warna kulit dan dagingnya. Ada buah naga dengan kulit dan daging berwarna merah, kulit merah dengan daging putih, ada juga yang kulit dan dagingnya berwarna kuning. Di Indonesia, petani lebih banyak menanam buah naga yang berwarna merah.

Buah ini mengandung 80 persen air, vitamin C, serat, kalsium, zat besi, dan fosforus yang bermanfaat untuk mengatasi penyakit darah tinggi. Dengan kandungan yang terdapat di dalam buah naga tersebut, buah ini sangat bermanfaat untuk ibu hamil. Seperti dikutip dari merdeka.com (26/3/2017).

Manfaat buah naga untuk ibu hamil :

  1. Menjaga kestabilan tekanan darah dan gula darah

Mengkonsumsi buah naga mampu untuk menjaga kestabilan tekanan darah dan gula darah pada ibu hamil sehingga dapat menghindari komplikasi kehamilan. Karena tekanan darah dan gula darah yang tinggi selama kehamilan dapat menyebabkan ibu hamil mengalami preeklamsia yang membahayakan keselamatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya.

  1. Mampu mencegah dan mengatasi kurang darah (anemia)

Buah naga juga dapat mencegah dan mengatasi kurang darah atau anemia. Dengan mengkonsumsi buah naga, dapat mencegah anemia, sebab buah naga kaya akan zat besi sebagai penyusun utama sel darah merah.

  1. Mampu meningkatkan imunitas (kekebalan tubuh)

Buah naga mengandung vitamin C, yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan atau daya tahan tubuh. Dengan mengkonsumsi buah naga maka dapat mencegah serangan dari berbagai macam penyakit.

  1. Menambah tenaga dan kekuatan

Ibu yang sedang hamil membutuhkan lebih banyak energi (tenaga) dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Karena harus berbagi nutrisi dengan janin yang dikandungnya. Buah naga sangat bermanfaat untuk ibu hamil sebab, dalam 100 gram buah naga mengandung sekitar 9 – 14 gram karbohidrat yang berfungsi sebagai suplemen energi yang alami. Ibu hamil yang mengonsumsi buah naga akan mendapatkan tambahan tenaga dan kekuatan.

  1. Mencegah keguguran dan kelahiran prematur

Kandungan asam folat yang terdapat pada buah naga berfungsi untuk memperkuat janin, serta mencegah keguguran dan kelahiran prematur.

  1. Memperkuat tulang dan gigi

Kandungan mineral-mineral juga terdapat pada buah naga,yaitu : kalsium, magnesium, dan fosfor yang bermanfaat untuk memperkuat tulang dan gigi. Mengkonsumsi buah ini membuat ibu hamil dan janin yang dikandungnya akan memiliki tulang yang kuat dan mencegah pengeroposan tulang.

  1. Memperbaiki pencernaan

Manfaat buah naga untuk ibu hamil mampu untuk memperbaiki pencernaan. Ibu hamil mudah mengalami sembelit atau susah buang air besar, karena pengaruh hormonal dan desakan janin dalam perut. Buah naga adalah buah yang kaya akan serat yang berfungsi untuk melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan usus.

  1. Membantu perkembangan dan pertumbuhan janin

Manfaat buah naga untuk ibu hamil yang juga amat penting adalah membantu perkembangan janin. Sehingga bayi dapat lahir dengan keadaan normal dan sehat. (SP, dari berbagai sumber)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *