, , , , , ,

SMK Negeri 1 Malang, Sekolah Asri di Tengah Kota Malang

sahabatpetani.com. – Tim Jambore Petani Muda disambut dengan suara kokok merak begitu memasuki komplek sekolah yang beralamat di Jl. Sonokembang Kota Malang ini. Berbagai jenis pohon memenuhi halaman depan sekolah, menyambut tamu yang datang dengan kesejukan yang jarang ditemui di tengah kota. Barisan pohon palem tinggi menjulang di sisi jalan masuk sekolah menambah keasrian suasana sekolah yang didirikan pada tahun 1963 ini. Memasuki bangunan sekolah, diantara ruang-ruang kelas juga terdapat ruang terbuka tempat berbagai tanaman pohon dan perdu tumbuh.

Siswa-siswa banyak menghabiskan waktu di antara jam-jam pelajaran di kursi dan meja taman yang sengaja ditempatkan bawah rimbunnya pepohonan. Dari sekedar bercengkerama, atau berdiskusi untuk memperdalam materi pelajaran yang diterima di kelas. “Kami memang memperhatikan faktor kenyamanan anak-anak dalam belajar. Dengan lingkungan yang asri dan sejuk, anak-anak bisa lebih konsentrasi belajar. Selain itu mereka jadi betah berlama-lama di sekolah.”, ujar Retno Utami, Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Malang.

Taman SMK Negeri 1 Malang

Menempati lahan sekitar 3,4 hektar, lebih dari 60% lahan merupakan ruang terbuka. Selain diperuntukkan untuk taman, SMK ini juga mengalokasikan lahan yang dikhususkan untuk aktivitas pertanian. Lahan yang terpisah dari bangunan utama sekolah itu ditanamai berbagi jenis komoditas pertanian. Selain budidaya dengan cara konvensional, sekolah ini juga sudah mengembangkan budidaya dengan sistem hidroponik. “Kami mengembangkan pertanian hidroponik untuk mengajak masyarakat perkotaan sekitar sekolah untuk mau ikut bertani, karena konsep hidroponik sesuai untuk masyarakat perkotaan.”, tambah Retno Utami. Untuk mendorong penerapan urbanfarming di sekitar sekolah, para guru juga diarahkan untuk aktif mempraktekkan berbagai pengetahuan tentang budidaya di lingkungan tempat tinggalnya. Ke depan, Retno berharap, selain sebagai sekolah yang menghadirkan susana kesejukan kota Malang tempo dulu, juga dapat menjadi motor penggerak urbanfarming di lingkungan sekitar sekolah. (Bayu Kristianto).

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *