Melongok Kesibukan Menjelang Lebaran di DC 2 Lampung

sahabatpetani.com – Tujuh  hari menjelang lebaran, kesibukan di Distribution Centre (DC) 2 Lampung  terlihat mengalami peningkatan. Satu payloader bergerak hilir-mudik mengangkut PHONSKA curah, untuk dimasukkan ke dalam hopper. Pupuk curah itu pun bergerak turun ke mobile bagging system (MBS).

Dengan cekatan, enam pekerja mengemasnya di MBS.  NPK bersubsidi produksi PT Petrokimia Gresik itu, masing-masing dikemas di dalam kantong ukuran 50 kg. Setelah dikemas rapi, ban berjalan mengantarkan kemasan pupuk-pupuk itu ke dekat bak truk. Selanjutnya diangkut secara manual ke belasan truk yang sudah mengantri di luar gudang.

Gudang DC 2 Lampung yang terletak di Jl. Tembesu III Nomor 6 Jempang Raya, Bandar Lampung  itu, terlihat bersih, rapi dan teratur. Dikelola oleh PT Bhanda Ghara Reksa (Persero), dikenal juga sebagai Gudang Water Index. Menurut Islan (52), kepala gudangnya, DC 2 Lampung berdiri di atas tanah seluas 18.000 m2.

Payloader sedang memasukkan PHONSKA curah ke dalam hopper (foto: Made Wirya)

“Kami mempunyai 1 unit MBS dengan kecepatan pengantongan 600 kantong atau 30 ton untuk tiap ½ jamnya. Jika beroperasi dalam kondisi normal pukul 07.00 hingga 16.00 WIB, mampu mengantongi 500 ton, atau 10 ribu kantong,” jelas Islan.Tapi jika permintaan pupuk meningkat, Islan menambah jam kerja hingga pukul 22.00 WIB. Dengan tambahan jam tersebut,  pengantongan mampu mencapai 16 ribu kantong, atau 800 ton.

Selama ini DC 2 Lampung yang mempekerjakan 11 karyawan (1 kepala gudang, 2 admin, 4 checker, dan 4 operator MBS) tersebut, relatif tidak pernah mendapat keluhan. Mereka berusaha agar bisa melayani konsumen dengan sebaik-baiknya. Usaha mereka untuk menjaga pelayanan agar tetap prima, diganjar penghargaan oleh BGR Pusat.

“Kami juara satu sebagai gudang terbaik tingkat nasional yang diselenggarakan oleh BGR Pusat. Kriterianya yang ditetapkan oleh juri saat itu adalah; kebersihan, pelayanan, kerapian, dan manajemen pergudangan,” paparnya.

Staf Distribusi Wilayah 2 PT Petrokimia Gresik, Djatmiko Bayu (kemeja putih), melakukan pengecekan ketersediaan PHONSKA Plus (foto: Made Wirya)

Mengenai stok pupuk, utamanya pupuk subsidi, Islan mengaku tidak pernah mendapatkan keluhan selama lima tahun terakhir. “Stok pupuk di DC 2 Lampung harus selalu ada minimal 2 minggu ke depan. Selama ini tidak ada masalah sih, sebab selain dipasok melalui jalur laut (kapal), juga melalui darat,” katanya.

Lebih lanjut Islan menjelaskan, DC 2 Lampung tidak hanya memasok pupuk untuk Provinsi Lampung saja, tapi juga meliputi Sumbagsel, Bengkulu, dan Jambi. “Mengenai hari kerja, kami memberlakukan 6 hari kerja, Senin hingga Sabtu. Tapi jika masih dibutuhkan untuk melayani truk,  Minggu dan hari besar pun kami tetap buka, bahkan jika diperlukan kami akan lemburkan karyawan yang bersangkutan,” ujar Islan. (Made Wirya)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *