Dua Backdrop Panggung JPM 2 untuk Dua Lokasi Berbeda

Bagaimanakah desain backdrop panggung untuk  Jambore Petani Muda 2 (JPM 2)? Pada hari ke tujuh menjelang pelaksanaan,  redaksi sahabatpetani.com kembali berkunjung ke seksi desain dan dekorasi. Di tengah kesibukan membuat berbagai desain terkait JPM 2, koordinator desain  Sugianto menunjukkan desain backdrop karya timnya.

Sugianto mengungkapkan, backdrop dengan ukuran 7 x 2 meter tersebut saat ini sudah dalam proses cetak, dengan jumlah dua lembar.  Jumlah backdrop dibuat dua lembar, karena pada saat presentasi tanggal 19 Juli, panitia membagi peserta menjadi dua, kelompok A dan kelompok B.

Warna dasarnya  putih,  logo JPM 2 di tengah, beberapa foto hasil bumi di sisi kanan, dan garis-garis lengkung warna kuning, kuning emas, dan hijau di bagian bawah. Backdrop tersebut mewartakan spirit bertanding para peserta, untuk melakukan inovasi di bidang pertanian .

“Secara umum konsep backdrop menggambarkan semangat peserta dalam melakukan inovasi di bidang yang mereka geluti. Semangat tersebut tercermin dalam kepalan tangan yang memegang padi menguning, yang kami letakkan di tengah,” jelasnya.

Hasil bumi sebagai representasi dunia pertanian, lanjut Sugianto, diungkapkan dengan foto berbagai produk budidaya di sisi kanan , seperti jagung, kentang, kol, dan padi. Komoditas-komoditas tersebut mewakili pangan dan hortikultura, yang banyak dibudidayakan petani di Indonesia.

“Semoga backdrop yang kami desain bisa mewarnai kemeriahan JPM 2. Tentu saja desain-desain yang kami ciptakan masih belum sempurna. Oleh sebab itu kami berharap masukan dari para peserta maupun panitia, untuk perbaikan pada even berikutnya,” ujar Sugianto merendah.

Bayu Kristianto (kanan) dan Adi Prasetyo, dari tim desain (kiri), mendiskusikan desain backdrop JPM 2 sebelum dicetak. (foto: Dadang Subiantoro)

Bayu Kristianto, salah satu konseptor JPM 2, menyampaikan, pembagian peserta pada saat mempresentasikan makalahnya dimaksudkan agar acara tersebut selesai dalam sehari. “Dengan terbatasnya waktu, kami putuskan membaginya dalam dua kelompok, dan dilakukan secara paralel,” paparnya.

Presentasi dua kelompok tersebut, ungkap Bayu, akan ditempatkan di dua lokasi berbeda. Satu kelompok di Wisma Kebomas, yang terletak di Kompoleks Perumahan PT Petrokimia Gresik. Sedangkan  kelompok lainnya di Auditorium Departemen Pengembangan SDM, di Jl. Prof. Dr. Moh Yamin, SH. Jarak dua lokasi tersebut tidak jauh, hanya sekitar dua kilometer. (SP)

 

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *