Tentang Wisma Kebomas, Lokasi Pembukaan JPM 2

Wisma Kebomas, tempat pembukaan Jambore Petani Muda 2 (JPM 2) tanggal 19 Juli, beberapa kali disebut di sahabatpetani.com. Tapi sepertinnya masih belum banyak yang tahu, seperti apakah gambaran gedung pertemuan yang dibangun pada akhir tahun 80’an itu.

Dari data yang dihimpun redaksi, didapatkan sekilas tentang Wisma Kebomas. Bangunan ini berdiri di atas tanah seluas 4.000 m2, dikelilingi oleh tiga sarana olah raga. Lapangan golf di sisi Utara  dan Barat, lapangan bola di sisi Timur, dan kolam renang bertaraf internasional di sisi Barat.

Total luas bangunan Wisma Kebomas sekitar 1.250 m2, terdiri dari ruang pertemuan (biasa disebut long room), lobby,  ruang sound system, dua kamar tidur untuk tamu VIP, ruang makan,  dua dapur, mushola, dan dua toilet. Selebihnya berupa ruang terbuka hijau dan area parkir.

Menurut Bayu Kristianto, salah satu konseptor JPM 2, pembukaan akan dilaksanakan di long room. Ruangan panjang ini berukuran 15 x 35 meter, dilengkapi panggung seluas 13 x 5 meter. Panggung tersebut terletak di sebelah Selatan. Sisi Utara long room, dipasang layar dengan ukuran 4 x 4 meter, lengkap dengan proyektor yang di gantung di langit-langit.

Berbagai acara penting pernah dilakukan di ruangan ini, mulai dari seremonial internal PT Petrokimia Gresik, hingga berbagai acara resmi yang melibatkan pihak eksternal. Tidak jarang Wisma Kebomas digunakan untuk menerima tamu penting, seperti  Presiden RI, DPR RI, menteri, dan kunjungan kelompok tani. Jambore Petani Muda 1 pada tahun 2017, juga dilaksanakan di ruangan berkarpet tebal biru muda itu.

Pintu masuk utama Wisma Kebomas. (foto: Chelu, Humas PG)

“Penataan meja kami buat dengan konsep round table. Kami sudah menyiapkan 17 meja, dengan 6 kursi untuk masing-masing meja. Jumlah undangan sebanyak lebih kurang 100 orang,  terdiri dari peserta, guru pembimbing, juri, pembicara, pejabat internal dan eksternal  PT Petrokimia Gresik,” jelas Bayu.

Bayu mengungkapkan, jika tanpa meja kapasitas long room mampu menampung 350 orang. Tapi jika menggunakan meja bisa memuat maksimal 300 orang saja. Jadi untuk tamu undangan JPM 2 yang hanya sekitar 100 orang, long room sangat nyaman.

Seperti disebut sebelumnya, Wisma Kebomas mempunyai dua toilet. Satu toilet berada di sebelah kiri  jalan menuju pintu keluar sisi Barat. Sedangkan toilet satunya lagi, terletak di samping Timur ruang makan. Bagi peserta yang ingin sholat, bisa menggunakan mushola di dekat lobby. Mushola berukuran 7 x 7 meter ini, berada tepat di sisi kanan pintu masuk utama Wisma Kebomas.

“Karena di dalam ruangan Wisma Kebomas tidak diperkenankan merokok, tamu undangan yang ingin merokok bisa menggunakan teras belakang, dekat dapur. Kami  berharap agar tamu maupun seluruh panitia tidak merokok di teras pintu masuk utama. Mengingat sebagian besar undangan adalah anak-anak SMK,” tegas Bayu. (SP)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *