Profil Para Juri JPM 2 (Bagian 1)

Panitia Jambore Petani Muda 2 (JPM 2) dari awal sudah merencanakan untuk mengundang juri dari unsur akademisi dan praktisi. Juri dari akademisi diwakili oleh Dr. Ir. Sugiyanta, Msi.  dan Prof. Dr. Ir. Umar Santoso, M.Sc. Sedangkan juri dari unsur praktisi panitia mendatangkan Irsan Rajamin, dan Shofyan Adi Cahyono.

Media sahabatpetani.com menyajikan profil  dari masing-masing juri, yang kapabilitasnya tidak diragukan lagi itu, dalam 2 bagian. Pada bagian pertama, akan dumuat profil dua juri dari unsur akademisi. Dimulai dari Dr. Ir. Sugiyanta, Msi, Ketua Departemen Agronomi dan Hortikultura, Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor (IPB).

Lelaki kelahiran Klaten, 15 Januari 1963 tersebut, menyelesaikan strata pendidikan S1 hingga S3 bidang Ilmu Agronomi di kampus tempatnya mengajar.  Bapak dari tiga anak ini sejak tahun 1980 hingga sekarang, menjadi  dosen di Departemen Agronomi dan Hortikultura IPB.

Dr. Sugiyanta pernah menjadi Sekretaris Departemen Agronomi dan Hortikultura (2009 – 2013), dan Sekretaris Departemen Agronomi dan Hortikultura (2013 – 2015).

Mata kuliah yang diampunya adalah Ilmu Tanaman Pangan (S1), Pasca Panen Tanaman Pertanian (S1), Praktik Usaha Pertanian (S1), Pertanian Terpadu (S1), Dasar – dasar Agronomi (S1), dan Agronomi Lanjut, untuk jenjang S2.

 Dalam 10 tahun terakhir Dr. Sugiyanta sudah melakukan 13 penelitian. Aktivitas ilmiah itu hasil kerjasama dengan berbagai lembaga, baik luar maupun dalam negeri. Selain itu juga aktif dalam studi dan kajian untuk pengabdian masyarakat, yang didanai oleh instansi pemerintah, dari tingkat kabupaten hingga pemerintah pusat.

Sepanjang karirnya, Dr. Sugiyanta sudah menulis 27 artikel ilmiah yang diterbitkan di berbagai jurnal skala nasional dan internasional. Berkat pengabdiannya dalam pengembangan padi varietas IPB 3S dan IPB 4S, lelaki dengan penampilan kalem itu mendapat penghargaan dari Kementerian Pertanian RI pada tahun 2015.

Dr. Sugiyanta akan menjadi juri JPM 2 untuk Kelompok A, bersama dengan Irsan Rajimin. Lokasi presentasi untuk kelompok ini di Wisma Kebomas, yang terletak di Kompleks Perumahan PT Petrokimia Gresik.

Prof. Dr. Ir. Umar Santoso, M.Sc (foto: Istimewa)

Juri dari unsur akademisi berikutnya adalah Prof. Dr. Ir. Umar Santoso, M.Sc, Guru Besar Departemen Teknologi Pangan & Hasil Pertanian,  Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada (UGM).

Lelaki yang lahir pada bulan Februari 1959 tersebut, saat ini menjabat sebagai Kepala Pusat Studi Pangan dan Gizi UGM. Menyelesaikan jenjang pendidikan strata 1 bidang Teknologi Pangan dan Pengolahan hasil di UGM pada tahun 1983.

Gelar master di bidang kimia pangan/hasil pertanian  diraihnya dari Tokyo University of Agriculture, Tokyo, Jepang, tujuh tahun kemudian. Di kampus yang sama, Tokyo University of Agriculture, Umar santoso berhasil mendapatkan gelar “Ph.D” di bidang ilmu pangan, tahun 1996.

Karirnya sebagai dosen dimulai sejak tahun 1985. Pernah menjabat sebagai kepala dan wakil kepala beberapa pusat studi dan perhimpunan ahli teknologi. Hingga saat ini dia menjadi Kepala Pusat Studi Pangan & Gizi (PSPG) UGM, Ketua II Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia (PATPI) Pusat, dan Auditor halal pada Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obata, dan Kosmetika (LPPOM) MUI DIY.

Di tengah kesibukan mengajar dan menjadi pengurus berbagai organisasi, Dr. Umar Santoso masih sempat menulis  buku dan artikel di berbagai media masa. Tidak kurang 12 buku yang pernah ditulisnya. Buku-buku tersebut diterbiitkan oleh berbagai penerbit di Jogjakarta dan Jakarta. Dua belas artikelnya tersebar di Harian Kedaulatan Rakyat dan  Food Review Indonesia.

Pada JPM 2 ini, dia akan menjadi juri untuk Kelompok B, berpasangan dengan Shofyan Adi Cahyono, dari unsur praktisi. Lokasi presentasi untuk kelompok ini dilaksanakan di Ruang 1 Departemen Pengambangan SDM, Jl. Prof. Dr. Mohammad Yamin, SH, Gresik.  (SP)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *