Petrokimia Gresik dengan Produk Pengembangannya Ikut Merayakan HKP Kota Banjar ke 46

sahabatpetani.com – Berbagai hasil pertanian dari 25 desa dan kelurahan di Kota Banjar, dipamerkan pada Hari Krida Pertanian (HKP) Kota Banjar yang ke 46, mulai tanggal 1 – 3 Agustus 2018.  Acara yang diselenggarakan oleh Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan dan Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) tersebut berlangsung meriah.

Panitia penyelenggara HKP juga mengadakan berbagai berbagai hiburan, dan aktivitas lomba edukatif di bidang pertanian. Lomba-lomba tersebut di antaranya adalah lomba buah unggul, lomba bongkar pasang kutivator, lomba sambung pucuk kopi, rembug tani, dan temu teknologi pertanian.

Dalam sambutannya pada pembukaan HKP, Walikota Banjar, Ade Uu Sukaesih berharap agar Banjar menjadi kota agropolitan. Untuk itu Pemkot banjar terus berusaha agar harapan tersebut bisa diwujudkan.

“Pemerintah Kota Banjar akan selalu membantu para  petani, agar produk pertanian mereka terus meningkat. Sehingga perekonomian masyarakat juga ikut meningkat juga. Hingga saat ini Banjar masih surplus produksi pangan, utamanya beras” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua KTNA Kota Banjar Herman Sutrisno mengatakan, meskipun Banjar mempunyai status kota, tapi 60 % masyarakatnya bekerja sebagai petani. Dia berharap Kota Banjar mendapatkan hasil pertanian yang melimpah, meski sebagian besar wilayahnya sudah menjadi kelurahan.

“Ke depan (petani) harus mampu meningkatkan kewirausahaan di bidang pertanian. Melalui aneka inovasi dengan manajemen pemasaran produk yang maksimal. Dengan demikian, nantinya akan banyak petani yang sukses,” ujarnya optimis.

Acara yang dilaksanakan di Taman Kota Lapang Bhakti Banjar ini, didukung juga oleh sektor swasta. Salah satunya adalah PT Petrokimia Gresik (PG). Menurut staf penjualan PG wilayah Kota Banjar Fajar Ismail, pabrik pupuk terlengkap di Indonesia itu memamerkan produk pengembangan  pada acara tersebut.

“Kami berharap ke depan bisa terjadi jalinan kerjasama antara Pemkot Banjar dengan PT Petrokimia Gresik. Lebih-lebih kota ini mempunyai produk unggulan yaitu ikan gurame dan ikan lele. Kami mempunyai beberapa produk pengembangan yang berkaitan dengan usaha perikanan, seperti Petro Fish, probiotik untuk ikan,” ujar Fajar.

Pada peringatan HKP ke 46 ini, PG berpartisipasi  dengan mendirikan stan yang diisi berbagai produk pengembangan. Stan yang ditata dengan cukup menarik itu, banyak dikerubuti oleh pengunjung, utamanya setelah sesi temu usaha bagi para petani selesai. (SP)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *