Peluncuran Tool Kit Produk Pengembangan Warnai Pelatihan SPDP dan PPD Wilayah Jawa-Bali

sahabatpetani.com – PT Petrokimia Gresik mengadakan pelatihan bagi  Staf Perwakilan Daerah Penjualan  (SPDP) dan Petugas Penjualan Daerah (PPD) untuk  wilayah Jawa Timur dan Bali. Pelatihan yang berlangsung selama 3 hari  itu, dilaksanakan di Kota Batu. Pembukaan pelatihan  dilakukan oleh Direktur Pemasaran PG Meinu Sadariyo pada Rabu (26/9).

Pelatihan tentang pengetahuan produk (product knowledge)  dan  strategi penjualan produk non subsidi itu diikuti oleh 58 peserta. Selain SPDP dan PPD, pelatihan tersebut juga dikuti oleh petugas lapangan PT Petrosida Gresik.

Dalam sambutannya  Meinu Sadariyo mengatakan, sejak lama bisnis PG menyandarkan pada produk-produk  subsidi. Tapi ke depan bisnis perusahaan  akan mengalami perubahan. Untuk menyongsong perubahan itu  PG harus meningkatkan kualitas sumber daya manusianya.

“PT Petrokimia Gresik  mempunyai tenaga lapangan baik SPDP maupun PPD, yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Kami harus mengubah mindset mereka, dari yang tadinya lebih banyak menjual produk subsidi, harus  belajar untuk menjual produk-produk non subsidi,” ujarnya.

Karena nantinya, jelas Meinu, produk-produk PG tidak disubsidi lagi. Oleh pemerintah subsidi tersebut akan diberikan langsung kepada konsumen, dalam hal ini para petani. Bisa jadi nantinya pemerintah akan mencari produk-produk yang paling murah untuk mengurangi nilai subsidi.

“Latihan ini perlu untuk membangun jiwa marketer, bagaimana cara berkompetisi di lapangan, bagaimana cara mengetahui strategi para pesaing, sekaligus berperan sebagai market intelligence. Dalam bisnis retail, harga tidak seberapa berpengaruh. Tapi bagaimana strategi kita untuk mempengaruhi konsumen,” paparnya.

Dalam kesempatan yang sama, Manager Penjualan Produk Pengembangan PG, Arief Wahyutomo menyampaikan, pelatihan ini sangat diperlukan.  Mengingat tingkat kesulitan penjualan produk non subsidi, utamanya produk pengembangan,  tidak semudah produk subsidi.

“Karena produk pengembangan yang diproduksi PG merupakan produk komplementer. Selain itu produk ini merupakan  follower  produk sejenis dari kompetitor.  Di samping  memberikan pelatihan kepada mereka, kami juga membekali PPD dengan alat pendukung, seperti alat peraga untuk sosialisasi dan tool kit,” terang lelaki yang akrab dipanggil Tommy itu

Tool kit tersebut nantinya akan diisi dengan berbagai contoh produk pengembangan, dan ditempatkan di boncengan sepeda motor milik PPD. Saat ini, sambung Tommy,  pihaknya sudah membuat tool kit sebanyak 50 unit, yang akan segera dibagikan ke masing-masing PPD wilayah Jawa-Bali usai pelatihan.

Setelah pembukaan pelatihan, Meinu Sadariyo didaulat untuk meluncurkan tool kit  tersebut. Secara simbolis lima PPD dari berbagai wilayah di Jawa dan Bali yang mengendarai sepeda motor, berbaris rapi dalam posisi siap berangkat. Setelah Meinu mengangkat bendera kotak-kotak hitam-putih, rombongan PPD tersebut segera melaju kencang dengan menggeber gasnya. (Made Wirya)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *