Empat Prinsip Utama dalam Mengelola Padi Sawah

Untuk meningkatkan produksi padi, petani perlu memperhatikan perbaikan cara budidaya, dengan menciptakan lingkungan tumbuh yang kondusif bagi tanaman. Misalnya saja dosis dan cara pemberian pupuk, pengairan, pengaturan populasi tanaman per satuan luas, dan pengelolaan serangan organisme penganggu tanaman (OPT).

Menurut Sudibyo Triwahyu Utomo, MP, peneliti di pemuliaan padi BB Padi Balitbangtan, selain perbaikan cara budidaya, kemampuan tanaman juga harus ditingkatkan. “Yang dimaksud dengan peningkatan kemampuan tanaman adalah usaha mengubah karakter tanaman, sehingga diperoleh varietas baru yang lebih unggul dari yang telah ada,” ungkapnya

Dalam pengelolaan tanaman terpadu padi sawah, terang Sudibyo, ada 4 prinsip utama yang seyogjanya dijalankan oleh para petani. Empat prinsip tersebut adalah; terpadu, sinergis, spesifik lokasi, dan partisipatif.

“Yang pertama, prinsip terpadu, merupakan pendekatan agar sumber daya tanaman, tanah, dan air, dapat dikelola dengan sebaik-baiknya secara terpadu. Prinsip ke dua, sinergis,  memanfaatkan teknologi pertanian terbaik, dengan memperhatikan keterkaitan yang saling mendukung antar komponen teknologi,” terangnya.

Untuk prinsip yang ke tiga, spesifik lokasi, petani harus memperhatikan kesesuaian teknologi dengan lingkungan fisik, sosial budaya, dan ekonomi petani setempat.

Sedangkan prinsip yang ke empat, partisipatif, petani  berperan dalam memilih dan menguji teknologi yang sesuai dengan kondisi setempat dan  kemampuan petani. “Untuk  hal tersebut, petani membutuhkan proses pembelajaan dalam bentuk laboratorium lapangan,” paparnya.

Sudibyo juga menekankan petingnya benih bermutu. Yang dimaksud dengan benih bermutu,  menurutnya, secara genetik varietasnya benar dan murni dari satu varietas.

“Secara fisik, tidak tercampur dengan biji gulma atau biji tanaman lain, bebas hama dan penyakit, serta bernas dan seragam. Dan secara fisiologi, daya berkecambah benih lebih dari 80 persen,” ungkapnya. (Made Wirya)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *