Pemupukan Efektif dan Efisien dengan Rowbot

Tiga saudara dari Minnesota, Amerika Serikat, menciptakan robot untuk membantu petani agar pemupukan lebih efektif dan efisien. Robot yang mereka ciptakan diberi nama “Rowbot”. Robot dengan panjang 60 dan lebar 200 cm ini mampu bergerak di antara baris tanaman dan menyuburkan tanaman satu per satu.

Motivasi mereka untuk menciptakan Rowbot sederhana, banyak petani memupuk tanamannya dengan berlebihan. Hal ini tentu saja kurang baik, karena selain biaya produksi menjadi tinggi, bisa  berakibat buruk bagi lingkungan. Tetapi para petani tidak memiliki banyak alat untuk mengatasi hal itu.

Dengan menggunakan mesin pemupukan berukuran besar dan berat, memang bisa mengangkut pupuk dalam jumlah besar. Akan tetapi kelemahan dari mesin pemupukan tersebut adalah banyaknya pupuk yang terbuang.

“Rowbot dirancang untuk mengaplikasikan pupuk dengan lebih presisi. Di dalamnya ada sensor real-time yang mempelajari tanaman dan membuat penyesuaian yang disesuaikan dengan seberapa banyak pupuk diaplikasikan pada setiap tanaman,” kata Cavender Bares, salah satu penemu Rowbot.

Sejauh ini Bares bersaudara telah memperagakan Rowbot di Pennsylvania, Illinois, Iowa dan Minnesota. Salah satu petani yang sudah mencoba Rowbot adalah Dave Boehnke, yang memiliki lahan pertanian di Iowa. Dia mengatakan bahwa ‘si kecil’ ini bisa membantu memecahkan masalah besar lain baginya.

“Misalnya saja untuk mengatasi kekurangan tenaga kerja. Jadi ini (Rowbot) akan bisa menjadi solusi dalam menggantikan tenaga manusia dalam pemupukan. Sehingga pada saat tanaman membutuhkan nutrisi dari pupuk, Rowbot bisa melakukannya dengan efisien,” jelasnya

Selain itu, lanjut Boehnke, mesin-mesin yang lebih kecil seperti Rowbot, memiliki keunggulan lain, yaitu tidak membebani tanah. Sebab semakin besar mesin, semakin berat mesin-mesin itu. “Tanah benar-benar tidak dirancang untuk dihancurkan dengan mesin beberapa ton.” Dan ketika kita menggunakan mesin besar untuk pemupukan, bisa merusak tanaman juga,” ujarnya.

Saat ini Rowbot masih digunakan untuk pemupukan pada komoditas jagung. Cavender Bares mengatakan mereka akan terus menguji Rowbot dengan mengaplikasikannya pada komoditas lain, seperti kacang kedelai. (Thomas Andrew Gustafson / Sumber artikel dan foto: https://www.npr.org)

 

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *