Mengapa Tumbuhan Membutuhkan Pupuk?

Agar tanaman tumbuh dan berkembang, dibutuhkan sejumlah unsur kimia yang berbeda. Yang paling penting adalah tiga makronutrien; nitrogen, fosfor, dan kalium. Tiga unsur itu terdapat di dalam pupuk anorganik  yang banyak dijual di toko pertanian, baik berupa pupuk tunggal maupun majemuk.

Tanaman juga membutuhkan unsur karbon, hidrogen dan oksigen, yang tersedia di udara dan air, dalam persediaan berlimpah. Tanaman juga butuh nutrisi sekunder seperti belerang, kalsium, dan magnesium. Selain itu, tanaman juga butuh mikronutrien berupa  boron, kobalt, tembaga, besi, mangan, molibdenum, dan zink.

Yang paling dibutuhkan dalam jumlah besar oleh tanaman adalah nitrogen, fosfor dan kalium. Jika kita mempelajari tantang cara kerja sel, hal-hal seperti asam amino, membran sel, dan ATP, unsur nitrogen, fosfor, dan kalium, penting karena diperlukan untuk blok bangunan dasar ini.

Sebagai contoh, setiap asam amino mengandung nitrogen, setiap molekul yang membentuk setiap membran sel mengandung fosfor (molekul membran disebut fosfolipid), dan begitu juga setiap molekul ATP (sumber energi utama dari semua sel).

Kalium mencapai 1 hingga 2 persen dari berat tanaman dan, sebagai ion dalam sel, sangat penting untuk metabolisme. Tanpa nitrogen, fosfor, dan kalium, tanaman itu tidak bisa tumbuh karena tidak dapat membuat bagian yang dibutuhkan. Ini seperti pabrik mobil yang kehabisan baja atau kontraktor pembuat jalan yang kehabisan aspal.

Jika salah satu makronutrien hilang atau sulit diperoleh dari tanah, tingkat pertumbuhan tanaman menjadi terhambat. Di alam, nitrogen, fosfor, dan kalium, sering berasal dari pembusukan tanaman yang telah mati. Dalam kasus nitrogen, daur ulang nitrogen dari tumbuhan mati seringkali merupakan satu-satunya sumber nitrogen di dalam tanah.

Untuk membuat tanaman tumbuh lebih cepat, yang perlu Anda lakukan adalah menyediakan elemen yang dibutuhkan tanaman dalam bentuk yang tersedia. Dan pupuk merupakan faktor penting dalam pertumbuhan tanaman.  Kebanyakan pupuk hanya memasok nitrogen, fosfor dan kalium karena bahan kimia lainnya dibutuhkan dalam jumlah yang jauh lebih rendah, dan umumnya tersedia di sebagian besar tanah.

Angka-angka yang tertulis di kantong pupuk berkaitan dengan persentase nitrogen, fosfor, dan kalium yang dikandung oleh pupuk tersebut. Jika di kantong  pupuk tertulis NPK 15-15-15 itu artinya pupuk tersebut memiliki nitrogen 15 persen, fosfor 15 persen, dan kalium 15 persen. Jika dalam kemasan 100 kg, maka kandungannya adalah 15 kg nitrogen, 15 kg fosfor dan 15 kg  kalium.  Sedangkan 55 kg lainnya dikenal sebagai filler material.

Sebagai sesama makhluk hiup, mengapa manusia tidak membutuhkan pupuk untuk tumbuh? Karena kita mendapatkan semua yang kita butuhkan dari tanaman yang kita makan atau dari daging hewan yang memakan tumbuhan. Tanaman adalah pabrik yang melakukan semua pekerjaan untuk memproses elemen dasar kehidupan dan membuatnya tersedia bagi kita. (Sumber artikel: science.howstuffworks.com)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *