Enam Informasi Menarik Tentang Tanaman Kopi

  1. Kopi adalah jenis tanaman semak belukar

Tanaman kopi adalah tanaman asli Afrika dan Asia selatan. Secara teknis tanaman kopi adalah semak, bukan pohon, meskipun mereka sering disebut pohon kopi. Tanaman kopi masuk dalam keluarga  Rubiaceae.

2. Pemanenan setelah berumur 5 tahun

Tanaman kopi baru bisa dipanen setelah berumur lima tahun. Umur pohon kopi produktif bisa mencapai 20 tahun atau lebih, tergantung perawatan dan kondisi masing-masing tanaman. Sekitar 0,5 kilogram biji kopi diproduksi oleh setiap tanaman setiap tahun.

3. Bunga kopi beraroma sangat harum

Bunga kopi berwarna putih dengan bentuk mungil, dan tumbuh berkelompok. Ketika mekar, aroma bunga kopi sangat harum Tanaman kopi yang sudah cukup dewasa dan dipelihara dengan baik dapat menghasilkan ribuan bunga dalam satu saat. Bunga tersebut tersusun dalam kelompok yang masing-masing terdiri dari 4-6 kuntum bunga. Pada setiap ketiak daun dapat menghasilkan 8-18 kuntum bunga, atau setiap buku menghasilkan 16-36 kuntum bunga.

4. Tidak semua buah kopi matang berwarna merah

Bila bunga sudah dewasa, kelopak dan mahkotanya akan membuka dan segera mengadakan penyerbukan. Setelah terjadi penyerbukan, secara perlahan-lahan bunga akan berkembang menjadi buah, yang seringkali disebut dengan ceri. Buah kopi muda semula berwarna hijau, kemudian berubah warna dari kuning, oranye, merah terang, hingga hitam kemerahan. Dari saat pembentukan buah pertama hingga panen, membutuhkan waktu sekitar delapan bulan. Ada beberapa varian kopi yang matang menjadi warna kuning, bukan merah.

5. Kopi peaberry kaya aroma

Biji kopi peaberry terdiri dari biji kopi yang mengandung satu biji kopi utuh, dan tidak terbelah. Hanya sekitar satu persen hingga tujuh persen dari semua biji kopi mengandung biji kopi peaberry. Kopi Peaberry dikenal memiliki rasa yang kuat, mungkin karena meningkatnya kepadatan biji. Secangkir kopi peaberry juga dikenal karena aromanya yang kaya dan konsistensi yang halus.

6. Sebagian besar kopi sepesial dari varietas arabica

Kebanyakan semua kopi komersial berasal dari tiga jenis utama tanaman kopi kopi. Tiga varian ini adalah Arabika, Robusta, dan Liberica. Sebagian besar kopi spesial dunia berasal dari biji kopi varietas Coffea arabica. (SP / diterjemahkan dari laman Espresso & Cofee Guide dengan judul “Coffee Plant Fact and Information”)

 

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *