Lima Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Pada masa lalu, bawang putih sangat dihargai karena banyak khasiatnya yang bermanfaat bagi kesehatan. Masyarakat Eropa abad pertengahan menggunakan bawang putih untuk mengusir serangga dan melawan wabah. Orang-orang Mesir bahkan  mengubur bawang putih saat pemiliknya mati.

Beberapa manfaat bawang putih dikaitkan dengan keberadaan Allicin, senyawa yang mengandung belerang. Allicin ditemukan baik dalam bawang putih segar, dihancurkan maupun dikunyah. Senyawa ini memiliki sifat anti-bakteri dan anti-jamur. Beberapa klaim menyebutkan bahwa Allicin diduga juga bisa membantu mencegah  kanker.

Manfaat kesehatan dari bawang putih sangat banyak. Setiap 100 gram bawang putih mengandung hampir 150 kalori, 33 gram karbohidrat, 6,36 gram protein. Bawang putih juga diperkaya dengan Vitamin B1, B2, B3, B6, folat, Vitamin C, kalsium, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, natrium dan zink.

Simran Saini, Ahli Nutrisi yang berbasis di Delhi dan konsultan penurunan berat badan,  adalah penggemar  bawang putih. Menurutnya, kandungan sulfur yang tinggi dalam bawang putih memberikan sifat antibiotik, membantu menjaga sistem pencernaan tetap bersih dengan mengeluarkan racun.

Bawang putih, terangnya, juga membangun kekebalan terhadap flu biasa dan mencegah penyakit jantung dengan membersihkan pembuluh darah yang tersumbat. Selain itu, bawang putih bagus untuk peremajaan dan penyembuhan bekas luka kulit dan memberi cahaya pada kulit. Bawang putih juga bisa menjaga pencernaan agar tetap dalam kondisi prima.

“Saya menyarankan untuk mengonsumsi bawang putih dengan cara tertentu. Letakkan satu siung di antara dua gigi, kemudian gigit sedikit untuk melepaskan ekstraknya dan setelah itu telan utuh dengan air. Nilai obat bawang putih paling baik dibuka ketika dikonsumsi mentah,” jelasnya.

Setidaknya ada 5 manfaat bawang putih yang sebaiknya Anda ketahui:

  1. Mengatasi pilek dan flu

Bawang putih bisa membantu mengatasi serangan pilek dan flu yang membandel. Ambil 2-3 siung bawang putih mentah yang dihaluskan, atau bisa juga dicampur madu. Ramuan ini tidak hanya akan meringankan hidung yang tersumbat dan menyembuhkan pilek, tetapi juga membangun kekebalan tubuh Anda.

Menurut Dr. Shikha Sharma, ahli kesehatan dan kebugaran yang berbasis di Delhi dan pendiri Nutrihealth mengatakan, bawang putih banyak dikonsumsi oleh pemakan daging. Karena diyakini bahwa daging dapat menyebabkan infeksi yang dapat ditangkal oleh bawang putih.

“Bawang putih dapat ditambahkan ke dalam semur panas, kaldu, dan sup untuk melawan sinusitis, pilek, dan flu. Dan bawang putih sebaiknya dikonsumsi dalam keadaan mentah,” katanya

  1. Pencegahan penyakit jantung

Mengkonsumsi bawang putih setiap hari (baik dikonsumsi  sebagai bumbu maupun mentah), membantu menurunkan kadar kolesterol karena sifat anti-oksidan dari Allicin. Ini juga sangat bermanfaat untuk mengatur tekanan darah dan kadar gula darah.

Penting untuk diingat bahwa senyawa yang mengandung sulfur Allicin cenderung kehilangan sifat obatnya ketika bawang putih dimasak utuh. Sangat penting untuk mengkonsumsi bawang putih mentah atau setengah matang untuk mendapatkan manfaatnya.

  1. Anti bakteri dan anti parasit

Bawang putih telah digunakan sebagai antibiotik untuk mengobati infeksi bakteri, jamur, dan parasit selama 7.000 tahun terakhir. Sebuah studi menunjukkan, ekstrak bawang putih encer membantu anak-anak untuk mengatasi infeksi cacing pita. Meskipun aromanya kurang tepat jika digunakan untuk obat kumur, bawang putih  cukup untuk menangkal bakteri penyebab aroma busuk rongga mulut.

  1. Pencegah kanker

Beberapa penelitian telah menunjukkan ada hubungan antara konsumsi bawang putih harian dan pencegahan kanker lambung dan kolorektal. Dikatakan dalam penelitian tersebut, bawang putih bisa memperkuat kekebalan tubuh terhadap kanker.

  1. Untuk Kulit dan Rambut

Bawang putih berkhasiat melindungi kulit dari efek radikal bebas dan memperlambat penipisan kolagen, yang menyebabkan hilangnya elastisitas kulit yang menua.  Bawang putih juga bisa menjadi  obat yang efektif untuk infeksi jamur seperti  kurap.

Mengoleskan ekstrak bawang putih yang dihancurkan dan dioleskan pada kulit kepala Anda, atau memijatnya dengan minyak yang mengandung bawang putih, diketahui dapat mencegah rambut rontok. (artikel asli dengan judul “7 Surprising Health Benefits Of Garlic”, pernah dimuat di https://food.ndtv.com )

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *