,

Beras Hitam, Beras Rasa Pedas Makanan Para Bangsawan (*)

sahabatpetani.com – Beras hitam tidak sepopuler beras merah atau beras putih yang biasa kita konsumsi. Tapi tahukah anda bahwa beras hitam adalah biji-bijian kuno yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan?  Jenis beras yang di Tiongkok lebih dikenal sebagai “beras terlarang” atau “beras kaisar” ini, lebih  mengesankan dibandingkan dengan banyak varietas padi lainnya.

Berdasarkan hasil penelitian, beras hitam paling kaya antioksidan yang kuat melawan penyakit,  tinggi serat, dan memiliki sifat anti-inflamasi. Selain itu beras hitam mampu  membantumengendalikan gula darah, kanker, penyakit jantung, bahkan membantu menurunkan berat badan.

Beras hitam banyak dikonsumsi oleh penduduk di wilayah Asia selama ribuan tahun. Selama berabad-abad beras ini hanya diperuntukkan bagi bangsawan Tiongkok. Tapi saat ini  beras hitam semakin populer dan bermunculan di banyak toko makanan kesehatan di seluruh Amerika Serikat, Australia, dan Eropa. Hal ini terjadi  ketika orang-orang menemukan banyak manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh beras ini.

Beras Terlarang

Dinamakan “beras terlarang” di Tiongkok pada masa lalu, karena beras ini hanya boleh dikonsumsi oleh para bangsawan.  Sesuai namanya, beras ini memiliki warna hitam keunguan gelap dengan rasa pedas, dan sedikit manis. Beras hitam bukan jenis ketan, nasi dari beras ini disajikan dengan lauk dan sayur, seperti layaknya beras putih atau merah.

Beras hitam merupakan salah satu jenis beras yang  termasuk dalam spesies Oryza sativa, beberapa di antaranya adalah beras ketan. Beras hitam Thailand, misalnya – juga disebut ketan hitam – memiliki tekstur lengket dan sering digunakan dalam makanan penutup dalam masakan Thailand.

Beras ketan memiliki jumlah amilopektin yang lebih tinggi, yang membuatnya sangat lengket saat dimasak. Beras Black Japonica adalah campuran beras hitam pendek Asia dan beras mahoni menengah yang ditanam bersama di ladang yang sama.

Nutrisi Beras Hitam

Kalori beras hitam tidak terlalu tinggi. Satu porsi beras hitam hanya mengandung sekitar 160 kalori, tetapi menawarkan jumlah fitonutrien flavonoid yang sangat tinggi. Beras ini juga merupakan sumber serat penting, kandungan mineral yang besar, dan bahkan sumber protein nabati yang baik. Selain itu, kulit luarnya memiliki kadungan antioksidan antosianin paling tinggi dibandingkan makanan apa pun.

Dalam 1/4 cangkir sajian beras hitam organik kukus mengandung sekitar:

156 kalori

32 gram karbohidrat

4 gram protein

1,5 gram lemak

2,3 gram serat

0,7 miligram besi.

 

*Diterjemahkan dari artikel Annie Price, CHHC dengan judul “Black Rice Nutrition: What You Need to Know About ‘Forbidden Rice’ “, yang pernah dimuat di laman https://draxe.com. Foto: https://draxe.com

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *