7 Tanaman Pengusir Nyamuk

Hidup di daerah tropis seperti di Indonesia harus siap diganggu nyamuk, utamanya bagi mereka yang hidup di dekat telaga, empang, dan rawa. Atau tinggal di pemukiman dengan pematusan yang tidak mengalir dengan baik, dan tandon air terbuka yang jarang dibersihkan, atau di mana pun tempat yang ada genangan airnya. Sebab siklus hidup nyamuk bermula dari genangan air, baik air jernih maupun kotor.

Untuk mengusir nyamuk agar tidak mengganggu kehidupan kita, lebih-lebih akibat gigitan nyamuk Aedes aegypti yang bisa menyebabkan penyakit demam berdarah, biasanya diatasi dengan pengasapan dan bahan kimia lainnya. Akan tetapi ada cara mengusir nyamuk yang lebih alamiah, yaitu dengan menanam tanaman anti nyamuk di pekarangan rumah Anda.

Menurut laman www.gardendesign.com , ada 7 tanaman yang efektif dalam mengusir nyamuk, yaitu;

  1. Lavender

Pernahkah Anda memperhatikan bahwa serangga atau bahkan kelinci dan hewan lain tidak pernah menghancurkan tanaman lavender? Hal tersebut terjadi  karena aroma yang berasal dari minyak atsiri yang ditemukan pada daun lavender.

Minyak lavender dipercaya  bisa mempengaruhi kepekaan indra penciuman nyamuk. Tanaman ini sangat tangguh dan tahan kekeringan,  membutuhkan sinar matahari penuh dan drainase yang baik. Lavender dapat bertahan pada banyak iklim, akan tetapi bisa  tumbuh subur di daerah yang lebih hangat.

  1. Marigold

Marigold adalah bunga tahunan yang mudah tumbuh, memancarkan aroma bisa mengusir nyamuk dan beberapa jenis serangga. Tanam marigold di pot dan letakkan di dekat teras atau pintu masuk ke rumah Anda untuk mengusir serangga.  Marigold tidak hanya mampu mengusir nyamuk, tetapi juga mencegah kutu daun, thrips, lalat putih, kumbang kacang Meksiko, bug squash, dan cacing gelang tomat.

  1. Sereh

Tanaman rerumputan yang dikenal karena aroma lemonnya ini,  paling umum digunakan dalam penolak nyamuk. Sereh terbukti merupakan tanaman yang paling efektif dalam mengusir nyamuk. Karena tidak tahan terhadap embun upas, sereh sebaiknya ditanam  di iklim yang lebih hangat.

  1. Catnip

Catnip mudah tumbuh di mana saja. Berasal dari keluarga mint dan mudah tumbuh baik sebagai tanaman komersial maupun sebagai gulma. Karena sangat mudah perawatannya dan mudah menyebar pertumbuhannya, catnip berpotensi menjadi gulma di kebun Anda.

Di luar sisi negatifnya sebagai gulma, catnip adalah penolak nyamuk yang luar biasa. Dalam sebuah penelitian di Iowa State University, catnip ditemukan sepuluh kali lebih efektif daripada DEET, bahan kimia yang digunakan di sebagian besar penolak serangga.

  1. Rosemary

New York Botanical Garden dan PlantShed merekomendasikan tanaman ini sebagai pengusir nyamuk yang efektif. Aroma rosemary tidak hanya mampu mengusir nyamuk, tetapi efektif juga dalam menghalau ngengat pada tanaman kol dan wortel. Selain sebagai pengusir serangga, tanaman ini bisa dipangkas untuk dibentuk seperti keinginan kita. Dengan demikian Rosemary bisa dijadikan dekorasi taman dan rumah Anda.

  1. Kemangi

Bau menyengat daun kemangi menjadikan serangga pergi menjauh. Tanaman ini mampu mengusir nyamuk dan lalat yang sering mengganggu kehidupan rumah tangga Anda. Kemangi idealnya ditanam di tempat yang lembab, dengan drainase yang baik, dan banyak sinar matahari. Anda dapat menanam kemangi dalam pot atau di kebun.

  1. Geranium beraroma

Geranium beraroma tampaknya menjadi tanaman pengusir nyamuk yang populer. Aroma lemonnya mirip dengan aroma sereh. Tanaman ini memiliki bentuk yang cukup  indah dengan aroma kuat yang membuat beberapa jenis hama pergi. Geranium beraroma  tumbuh ideal di iklim yang hangat, cerah, dan kering. Tetapi jika ditanam di daerah beriklim dingin, dibutuhkan pemangkasan yang konstan. (SP / Sumber foto: www.bonnieplants.com )

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *