Menanam Rumput Taman dari Benih dengan Petroganik

sahabatpetani.com – Rumput bisa berpotensi menjadi gulma, tapi bisa juga mempercantik tampilan taman rumah Anda. Tentu saja tidak semua rumput bisa dijadikan sebagai anasir untuk menciptakan taman yang indah. Ada beberapa rumput yang bisa dijadikan pilihan, ketika Anda ingin membuat taman. Jenis rumput yang sering ditanam untuk taman di antaranya adalah; rumput swiss, rumput peking, rumput gajah lokal, rumput gajah mini, rumput jepang, dan rumput golf.

Harga rumput bervariasi tergantung jenisnya, seperti misalnya rumput swiss, rumput peking, dan rumput golf, adalah rumput yang harganya relatif mahal. Mahalnya harga jenis rumput tersebut karena bentuknya yang indah, dengan tekstur halus. Tapi jangan khawatir, rumput cantik itu bisa anda tanam dari benihnya, untuk menghemat pengeluaran Anda. Berikut adalah tips untuk menanam rumput dari benihnya.

Memilih benih

Pilihlah benih dari jenis rumput yang anda inginkan, dan pastikan hanya ada satu jenis benih rumput. Sebab jika benih tersebut tercampur dengan jenis lain, apalagi bentuk dan tekstur daunnya berbeda, akan mengurangi estetika taman Anda.

Persiapan tanah

Persiapkan tanah dengan membuang rumput liar yang berpotensi menjadi gulma. Singkirkan bebatuan di permukaan tanah dan  meratakannya. Olah tanah dengan cangkul sedalam 5-10 cm dengan cangkul, lalu sisir dengan menggunakan garpu taman. Setelah itu beri pupuk kandang, atau taburi dengan Petroganik di atas tanah yang sudah diolah. Petroganik adalah pupuk organik berbrntuk granul dengan kandungan C-organik minimal 15 %. Pupuk organik produksi PT Petrokimia Gresik ini bermanfaat untuk menyuburkan tanah, dengan aplikasi mudah.

Cara menabur benih

Penaburan benih dilakukan seminggu setelah pemberian Petroganik. Jumlah benih yang ditebar, idealnya 50 gram per meter persegi. Benih yang sudah ditabur biarkan terbuka, jangan ditutup tanah.  Setelah itu siram dengan air secukupnya.

Perawatan

Benih rumput rentan terhadap kekeringan, jadi siram secara rutin jika anda menanam pada saat musim kemarau. Ketika rumput sudah mulai tumbuh, Anda bisa memberinya pupuk Urea untuk menjaga daun rumput agar tetap berwarna hijau segar. Jika tinggi rumput sudah mencapai 5 sentimeter, segera pangkas dengan mesin pemotong rumput, dan jaga tingginya tetap 2,5 cm untuk menjaga keindahan rumput di halaman rumah Anda. (SP)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *