10 Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan

Seledri (Apiumg raveolens L.) adalah tanaman sayuran bumbu berbentuk rumput yang berasal dari benua Amerika. Selama ini seledri banyak dikenal sebagai pelengkap sajian soto, bakso, dan sup. Beberapa orang menggunakan daun seledri untuk  menurunkan tekanan darah, dengan cara direbus dan diambil airnya. Harga daun seledri relatif murah, dan mudah didapat baik di pasar maupun tukang sayur keliling.

Tapi tahukan anda bahwa seledri memiliki banyak manfaat untuk kesehatan? Seledri merupakan sumber enzim dan antioksidan yang sangat baik. Tanaman ini juga sarat dengan mineral dan vitamin penting seperti folat, kalium, vitamin B6, vitamin C, potasium,  dan vitamin K

Seperti dikutip dari laman askdrnandi.com, daun seledri memiliki sedikitnya 10 manfaat untuk kesehatan.

1. Menyembuhkan kerusakan akibat radikal bebas

Seledri sarat dengan polisakarida dan antioksidan. Antioksidan memiliki kemampuan untuk menyembuhkan kerusakan akibat radikal bebas yang berkontribusi terhadap peradangan. Penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker atau radang sendi disebabkan oleh peradangan.

Seledri memiliki selusin jenis antioksidan bermanfaat seperti asam ferulic, caffeicacid, dan quecetin. Seledri adalah obat rumah yang efektif untuk berbagai kondisi peradangan, termasuk infeksi hati dan ginjal, pertarungan, nyeri sendi, sindrom iritasi usus, gangguan kulit dan infeksi saluran kemih.

2. Mengurangi kadar kolesterol tinggi

Mengkonsumsi seledri secara teratur, efektif dalam mengurangi kolesterol tinggi. Anda dapat menambahkan seledri ke dalam makanan untuk membantu melindungi dan meningkatkan kesehatan jantung.  Seledri mengandung senyawa unik 3-n-butylphthalide (BuPh), yang memiliki efek penurun alipid. Mengonsumsi suplemen seledri dapat mengurangi kolesterol lipoprotein, kolesterol total, dan konsentrasi trigliserida.

3. Perawatan tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner yang berakibat kematian. Ekstrak biji seledri dapat mengobati tekanan darah tinggi karena sifat anti-hipertensinya. Seledri sarat dengan kalium dan kalsium. Efek relaksasi otot seledri dapat membantu mengontrol tekanan darah. Ekstrak seledri dapat meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

4. Mencegah penyakit hati

Seledri adalah makanan pembersih hati yang ideal. Mengkonsumsi seledri secara teratur dapat membantu melindungi kesehatan ginjal dan mencegah penyakit hati. Seledri kaya akan vitamin C, B, dan A dan zat besi. Kandungan sifat diuretik dalam seledri dapat menghilangkan racun, limbah, dan kontaminan dari tubuh Anda.

5. Menurunkan berat badan

Seledri termasuk dalam daftar makanan untuk menurunkan berat badan karena rendah kalori. Seledri mengandungh mineral, vitamin, dan nutrisi penting. Seledri mampu meningkatkan metabolisme lipid dan kaya akan elektrolit, antioksidan, kalium, vitamin B dan vitamin C.

6. Mengatasi infeksi

Biji seledri mengandung sifat antibakteri dan antimikroba dan telah digunakan untuk melawan infeksi selama berabad-abad. Penggunaan ekstrak seledri melawan infeksi bakteri, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghambat pertumbuhan bakteri.

7. Bermanfaat untuk pencernaan

Efek diuretik seledri memiliki sejumlah manfaat untuk pencernaan. Makan seledri dapat mengobati retensi air, meredakan kembung dan meningkatkan pencernaan.

8. Mengatasi infeksi bakteri saluran pencernaan dan kandung kemih

Seledri memiliki kemampuan untuk meningkatkan produksi urin dan mengurangi asam urat; oleh karena itu, makan seledri secara teratur dapat membantu mencegah infeksi bakteri dalam saluran pencernaan dan organ reproduksi. Seperti cranberry, seledri adalah obat rumahan yang efektif untuk gangguan kandung kemih, infeksi saluran kemih, masalah ginjal, dan kista pada organ reproduksi.

9. Mencegah kanker

Seledri adalah salah satu sayuran pelindung kanker yang juga termasuk adas, wortel, parsnip, dan peterseli. Seledri mengandung polyacetylenes yang merupakan senyawa kemoprotektif. Polyacetylenes dapat menghilangkan racun dan membantu mencegah pembentukan kanker, terutama kanker usus, kanker payudara dan leukemia.

Polyacetylenes juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghambat pertumbuhan tumor kanker. Selain itu, polyacetylenes terkenal dengan bioaktivitasnya seperti antiplatelet-aggregatory, anti-inflamasi, antitumor, antibakteri dan sifat sitotoksik.

10. Mencegah dan mengobati bisul
Konsumsi seledri secara teratur dapat membantu mencegah dan mengobati bisul yang menyakitkan. Jenis khusus dari ekstrak etanol dalam seledri efektif dalam mencegah pembentukan bisul di lapisan saluran pencernaan.

Seledri mengandung tanin, flavonoid, alkaloid dan minyak atsiri yang merupakan unsur kimia yang bermanfaat dalam seledri. Konstituen kimia ini memiliki kemampuan untuk menyehatkan usus, lambung, dan usus. (SP/Sumber foto: www.sprayfreefarmacy.com)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *