Agrowisata Instagramable di Lamongan 

Liburan akhir minggu akan segera datang. Akan diajak berakhir pekan ke manakah keluarga Anda? Ke mal, pasar tradisional, atau ke toko buku? Jika semua tempat itu sudah Anda kunjungi minggu-minggu sebelumnya, cobalah sesekali  berwisata ke persawahan.

Apa menariknya wisata sawah bagi anak-anak? Tentu bagi Anda yang biasa melihat sawah, ladang, dan suasana panen penuh kegembiraan, hal tersebut tidak terlalu menarik. Lebih-lebih jika Anda lahir dan tumbuh besar di desa pertanian. Tapi bagi anak-anak, sesuatu yang baru biasanya akan menarik perhatian mereka.

Anak-anak bisa melihat langsung bagaimana padi ditanam oleh petani. Mendengarkan cericit burung manyar yang ramai-ramai mematuk bulir gabah yang akan dipanen. Sementara dari kejauhan petani berteriak mengusir burung-burung lapar itu. Atau biarkan anak-anak anda menikmati suasana panen padi yang teatrikal itu.

Saat ini banyak dikembangkan wisata pertanian di beberapa daerah di Indonesia. Salah satunya adalah Agrowisata di Desa Besur, Kecamatan Sekaran, Lamongan. Di agrowisata yang terletak 20 kilometer dari pusat kota Lamongan itu, pengunjung bisa menikmati suasana alam pedesaan dengan hamparan sawah yang luas. Selain sawah, banyak spot menarik untuk berswafoto, seperti misalnya taman bunga, kebun labu madu, dan berbagai jenis sayur.

Menurut Haris Suhud, pengelola Agrowisata Desa Besur, pihaknya tidak mematok tarif mahal untuk karcis masuk, hanya Rp. 2 ribu. Dengan tarif yang terjangkau, obyek wisata ini dikunjungi oleh masyarakat dari berbagai kalangan.

“Areal wisata ini  sebenarnya tanah desa yang sebelumnya adalah sekolah pertanian, karena memang mayoritas dari kami adalah petani,” kata Haris, seperti dikutip dari detikTravel (26/11/2018).

Pengunjung agro wisata ini tidak hanya datang dari Kabupaten Lamongan saja. Menurut Haris, akhir-akhir ini banyak juga wisatawan dari  Jombang, Tuban, Bojonegoro, Gresik dan Surabaya. Pengunjung tersebut semula tahu lokasi Desa Besur dari unggahan di media sosial.

“Selain mampu mengenalkan pengunjung akan beragam jenis padi, sayur, dan buah, wisata edukasi pertanian di Desa Besur ini juga mampu memberi dampak positif ke warga desa. Sebab bisa ikut menikmati hasil jerih payah mereka dalam mengembangkan desa,” ujarnya seperti dikutip di media yang sama.

Salah satu yang menarik dari obyek wisata ini adalah sawah dengan bentuk hati. Memang saat dilihat dari dekat, bentuk hati tidak begitu terlihat. Tapi ketika difoto dengan menggunakan drone, dari atas akan terlihat eksotik.

Pengelola obyek wisata itu juga menyediakan beberapa gazebo untuk pengunjung yang ingin beristirahat, setelah penat berjalan mengelilingi persawahan.

Bagaimana, Anda tertarik untuk berkunjung ke sana? Jangan lupa untuk membawa gawai anda. Karena banyak pilihan lokasi yang instagramable. (SP/Sumber foto: Masfardian-travelingyuk.com)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *