Dua Penyuluh Pertanian Diberangkatkan ke Thailand untuk Studi Banding

sahabatpetani.com – Menteri Pertanian Amran Sulaiman memberangkatkan dua penyuluh pertanian dari Aceh dan Papua ke Thailand. Hal tersebut disampaikannya saat berdialog dengan 12.000 penyuluh dan petani se-Indonesia di GOR Sudiang, Makassar.

Kedua penyuluh yang diberangkatkan ke Thailand itu adalah Penyuluh Pertanian Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Aceh, Nurlisma dan Penyuluh Pertanian asal Kabupaten Timika, Matias Nikah. Tujuan mereka ke Thailand untuk melakukan studi banding sembari mempelajari teknologi di negara itu, sehingga nantinya bisa disebarluaskan di Indonesia.

“Kami memberikan penghargaan ini kepada para penyuluh-penyuluh hebat se-Indonesia. Mereka pahlawan pangan. Karena merekalah, sektor pertanian dalam kurun 4,5 tahun di Pemerintahan Jokowi-JK sektor pertanian meningkat signifikan,” kata Amran dalam keterangan tertulis, Rabu (10/4/2019), seperti dikutip dari detik.com.

Nurlisma menyampaikan, dengan hadiah belajar ke Thailand dia berharap  bisa belajar dan meniru bagaimana mengembangkan pertanian di Negeri Gajah Putih itu, dan mengetahui teknologi budidaya yang di terapkan di sana.

“Menteri Amran merupakan sosok menteri yang gigih memperjuangkan nasib petani, seperti memperjuangan petani untuk mendapatkan pupuk berkualitas dan benih bersertifikat,” katanya.

Nurliasma mengaku tidak lagi seperti anak ayam kehilangan induk atau ada di persimpangan jalan. Tugas dan fungsi penyuluh baik di tingkat kabupaten sampai provinsi, lanjutnya,  difasilitasi untuk kegiatannya.

Hal senada didampaikan oleh Matias Mukah. “Kami sangat berterima kasih mendapat kesempatan untuk melakukan studi banding ke Thailand setelah menjadi penyuluh selama 15 tahun,” ujarnya. (SP/Sumber foto: dok. Kementan)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *