Intensitas Hujan di Pantai Gading akan Tingkatkan Produksi Kakao

sahabatpetani.com – Produksi kakao di Pantai Gading pada musim panen kali ini diperkirakan akan meningkat, pada pertengahan April hingga September 2019. Seperti dikutip dari Reuters (15/4), hal ini dipicu oleh tingginya curah hujan di daerah penghasil kakao terbesar di dunia itu.

Musim hujan di Pantai gading berlangsung dari pertengahan Maret hingga akhir Oktober, dengan hujan deras diperkirakan akan dimulai pada bulan ini.

Para petani mengatakan, panen mereka sejauh ini jauh lebih banyak daripada tahun lalu.  Curah hujan dan sinar matahari akan menghasilkan panen kakao yang lebih berkualitas jika dibandingkan dengan  musim panen  sebelumnya.

Menurut Julien Beda, salah satu petani di  Soubre,  cuaca  memungkinkan para petani  untuk panen dua kali sebulan, setidaknya hinga bulan Juli. Soubre merupakan daerah penghasil kakao tertinggi di Pantai Gading.

“Kami sudah memanen lebih banyak biji (kakao) daripada tahun lalu. Dan sinar matahari akan sangat penting untuk tahap selanjutnya (musim panen tengah),” kata Julien Beda

Curah hujan di Soubre, yang meliputi wilayah Sassandra dan San Pedro, pada minggu lalu berada pada 27,5 milimeter (mm). Angka tersebut 8 mm di atas rata-rata lima tahun terakhir.

Curah hujan di atas rata-rata terjadi juga di wilayah selatan Agboville dan Divo, wilayah tengah Bongouanou, dan di wilayah timur Abengourou. Para petani berharap akan mendapatkan biji kakao berukuran besar dan berkualitas tinggi jika cuaca tetap konstan.

Sementara itu, di wilayah tengah-barat Daloa para petani berharap hujan turun di daerah mereka. Karena kondisi tersebut akan meningkatkan produksi panen tengah di daerah yang menghasilkan seperempat kakao Pantai Gading tersebut.

“Pembeli mengeluh tentang biji kakao berukuran kecil. Cuaca semakin gelap dan semakin gelap. Jika hujan mulai turun dengan segera, panen tengah akan selesai dengan indah,” kata Albert N ‘Zue, yang bertani di dekat Daloa.

Data yang dikumpulkan oleh Reuters memang menunjukkan bahwa curah hujan di Daloa, termasuk wilayah Bouafle, berada pada 10,3 milimeter minggu lalu, 11,6 mm di bawah rata-rata lima tahun.

Curah hujan juga di bawah rata-rata juga terjadi di wilayah tengah Yamoussoukro dan wilayah barat Man. Suhu rata-rata berkisar antara 27,6 dan 30,9 derajat Celcius. (SP/Sumber artikel: Reuters/Foto: )

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *