Wangi datang, Stres hilang

sahabatpetani.com – Stres adalah kondisi psikologiis atau fisik seseorang yang mendapatkan tekanan dari luar maupun dalam yang dianggap berbahaya. Stres dapat diakibatkan oleh berbagai faktor. Seseorang yang stres menunjukkan gejala antara lain: mudah marah,frustasi, murung, tidak nafsu makan, dan lain-lain. Jika stres ini dibiarkan secara terus menerus maka akan dapat menyebabkan penyakit, antara lain: depresi, pennyakit jantung, hipertensi, dan masalah pencernaan.

Tapi tahukah anda bahwa aroma wewangian dapat menghilangkan rasa stres kita? Ya dengan memberikan wewangian diruang kerja kita akan membantu menurunkan rasa stres yang kita rasa dan bahka dapat membantu meningkatkan kinerja kita. Ada beberapa wewangian atau aroma yang dapat menghilangkan rasa malas dan meningkatkan kinerja kita, antara lain:

Aroma Chamomile

Chamomile adalah tanaman dari keluarga bunnga matahari. Selain bisa digunakan untuk teh, bunga chamomile juga bisa digunaka untuk aromaterapi. Aroma Chamomile dapat membuat pikiran lebih rileks.

Aroma Daun

Selain  bisa untuk perasa pada permen dan makanan, Daun yang memiliki sensasi dingin ini ternyata juga bisa diigunakan sebagai aromaterapi. Aromaterapi daun mint meredakan rasa stres dengan menginduksi rasa tenang, selain itu daun mint dapat meredakan rasa nyeri otot

Aroma Lavender

Selain dapat digunakan sebagai  pengusir nyamuk, lavender ternyata dapat digunakan untuk menghilangkan rasa stres, hingga depresi. Selain itu membantu dalam membuat tidur lebih nyenyak dan rileks. Uap yang dihasilkan lavender tidak menyebabkan rasa sesak di dada.

Melati

Salah satu tanaman hias berupa perdu berbatang yang hidup menahun ini ternyata aroma harumnya dapat mengelola rasa stres. Selain itu, aroma melati dapat meningkatkan suasana hati, mengurangi insomnia, serta mengurangi nyeri pada wanita yang sedang menstruasi.

Mawar

Tanaman bunga dari genus rosa ini dapt digunakan untuk aroamterapi. Aromaterapi dari bunga mawar dapat membantu kita untuk merasa lebih rileks dan percaya diri, selain itu dapat membantu melancarkan pperedaran darah.

Lemon

Salah satu buah yang termasuk dalam genus citrus ini selain dapat digunakan untuk minuman, lemon dapat digunakan untuk aromaterapi. Aromaterapi dari lemon dapat membantu untuk melawan depresi serta dapat memperlancar pencernaan.(Dari berbagai sumber/sumber foto: kompas.com)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *