Tanah Subur dan Sehat

sahabatpetani.com – Dalam waktu 0,30 detik mesin pencari (search engine) Google menemukan lebih dari 537.000 situs internet yang memuat kata kesuburan tanah. banyak makna, definisi dan rincian yang ditulis berkaitan dengan kata tersebut. Namun pada umumnya situs-situs itu menjelaskaan tentang arti kata kesuburan tanah subur serta, berbagai upaya untuk mendapatkan tanah yang subur. Beberapa situs bahkan dengan sangat rinci memuat daftar lengkap kandungan tanah yang bisa mengindikasikan status tanah sebagai tanah yang subur.

Namun dari sekian banyak tullisan, ada sebuah tulisan menarik yang menggabunngkan status kesuburan tanah dengan kesehatan tanah. Artinya, tanah yang subur belum tentu sehat, sebaliknya tanah yang sehat belum tentu subur. Dalam tulisan itu disebutkan bahwa tanah mempunyai peranan sebagai tempat tumbuh dan berkembangnya akar tanaman, tempat persediaan udara bagi pernapasan akar, tempat persediaan unsur-unsur makanan bagi tumbuhan, tempat persediaan air bagi tumbuhan dan tempat berkembangnya mikro dan makroorganisme yang berpengaruh terhadap pertumbuhan dan kesehatan tanaman. Untuk dapat menjalankan perannya itu dengan sempurna maka tanah selain harus subur juga harus sehat.

Lalu apa beda kedua definisi itu? Kesuburan tanah adalah kemampuan tanah untuk mendukung pertumbuhan tanaman dengan sifat kimia, fisika, dan biologi yang dimilikinya. Sedangkan kesehatan tanah bisa diartikan, suatu keadaan tanah yang dapat mendukung pertumbuhan tanaman secara sehat tanpa adanya gangguan apapun. Beberapa faktor penyebab menurunnya kesuburan tanah diantaranya yaitu penyerapan zat hara oleh tanaman, penguapan elemen hara ke atmosfer, resapan ke dalam tanah, dan terjadinya erosi. Sedangkan faktor-faktor penyebab menurunnya kesehatan tanah diantaranya, tidak pernah diberi bahan organik, pemakaian pupuk yang berlebihan, terjadinya pencemaran bahan kimia berbahaya (seperti pestisida kimia), melakukan pembakaran  diatas lahan (merusak tekstur tanah) dan juga erosi.

Dari pemahaman itu, kita bisa menilai betapa pentingnya upaya untuk menyebarluaskan pengetahuan tentang kesuburan tanah dan kesehatan tanah kepada para petani. Mereka seharusnyamengetahui selain selain harus subur, tanah juga harus sehat dan tidak sakit. Berbagai upaya untuk membuat tanah tetap subur dan sehat harus disosialisasikan kepada para petani agar mereka bisa lebih optimal dalam mengolah lahannya. Salah satu hal terpenting adalah menyebarluaskan pemahaman tentang cara dan aplikasi pemupukan yang baik dan benar. Pemupukan menjadi salaah satu variabel menentukan yang akan membuat tanah menjadi subur dan sehat. Pemupukan yang salah akan membuat tanah menjadi sakit sekaligus bisa menyusutkan kesuburan tanah.

Oleh karena itu, upaya untuk mengenalkan dan mengembangkan berbagai pupuk pada para petani menjadi salah satu bukti komitmen PT Petrokimia Gresik untuk meningkatkan produktivitas serta membantu menyehatkan dan menyuburkan lahan para petani.(SP/Sumber foto: tamankurmanusantara.com)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *