AirSurf-Lettuce Bantu petani Selada

Dengan masuknya kedalam industri 4.0, banyak teknologi-teknologi baru yang diciptakan di dunia pertanian. Salah satunya baru-baru ini para peneliti di Zhou Group di Earlham Institute(EI),bekerja sama dengan bisnis pertanian Cambridgeshire Growers telah mengembangkan alat untuk membantu petani selada. Perangkat lunak ini disebut AirSurf-Lettuce dengan fungsi menentukan kuantitas, ukuran, dan menunjukkan lokasi untuk membantu petani memanen dengan tepat. Selain itu, perangkat ini membantu petani agar dapat memanen dengan efesien.

Teknologi ini dilengkapi dengan ‘pembelajaran dalam’ yang mampu mengidentifikasi jumlah dan lokasi tanaman selada yang tepat, dengan keuntungan tambahan dari mengenali kualitas tanaman, yaitu kepala selada kecil, sedang atau besar. Selain itu, teknologi ini digabungkan dengan GPS yang memudahkan  dalam melacak distribusi ukuran secara tepat di ladang yang nantinya dapat membantu dalam keefektifan dan keefesienan pada praktik pertanian, termasuk waktu panen.

Alasan diciptakannya alat ini karena, secara tradisional waktu yang dibutuhkan untuk mengukur tanaman di lahan membutuhkan waktu lama dan tenaga kerja yang dibutuhkan banyak. Belum lagi rentan akan kesalahan dalam pengukuran.  Selain itu, dengan adanya kondisi cuaca buruk yang dapat membuang waktu panen secara signifikan karena tanaman membutuhkan waktu berbeda untuk matang.

Dengan petani mengetahui kapan waktu panen yang tepat, dapat memudahkan petani menentukan perencanaan logistik, mulai dari memasarkan hingga sampai pada konsumen. Dan lagi dapat memasarkannya lebih jauh lagi.

Teknologi ini akan dikembangkan lagi, sehingga tak hanya dapat diaplikasikan pada tanaman selada saja namun dapat diaplikasikan juga pada tanaman lain.(Sumber: farming.uk)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *