Tanaman Pestisida

sahabatpetani.com – Hama adalah musuh bebuyutan yang selama ini selalu menjadi momok bagi para petani. Banyak cara dilakukan para petani agar tanaman mereka tidak terserang dan dapat mengendalikan serangan hama ini. Namun dewasa ini banyak petani yang memilih menggunakan bahan kimia untuk memberantas hama ini. Banyak pula petani yang menggunakan pestisida secara berlebihan, hanya agar dapat membasmi hama, namun secra tidak langsung mereka juga meracuni tanaman dan merusak kesuburan tanah mereka.

Ada beberapa cara alami untuk mengendalikan serangan hama, salah satunya yaitu Refugia. Refugia adalah tumbuhan (baik tanaman maupun gulma) yang tumbuh disekitar tanaman yang dibudidayakan, yang berpotensi sebagai mikrohabitat bagi musuh alami (baik predator maupun parasitoid), agar pelestarian musuh alami tercipta dengan baik. Refugia ini memanfaatkan lahan yang berada di tepi sawah. Refugia ini berfungsi sebagai tanaman perangkap yang dapat mendorong stabilitas ekosistem sehingga populasi hama dapat ditekan dan dalam kesetimbangannya.

Tanaman yang digunakan untuk digunakan sebagai Refugia haruslah tanaman yang memiliki bunga dan warna mencolok, regenerasi tanaman cepat benih atau bibit mudah diperoleh, dapat ditumpang sarikan, dan mudah ditanam.  Ada beberapa jenis tanaman yang dapat digunakan sebagai Refugia, antara lain:

  1. Tanaman hias

Antara lain: Bunga matahari, bunga kertas zinnia, kenikir, dll.

  1. Gulma

Berasal dari famili asteraceae seperti babadotan, ajeran, dan bunga tahi ayam

  1. Tumbuhan liar

Bunga lagetan, pegagan, rumput setaria, rumput kancing ungu, dan kacang hi9as atau kacang pentoi

  1. Sayuran

Kacang panjang, bayam, dan jagung

Hal yang perlu diperhatikan ketika menanam tanaman untuk Refugia adalah jangan terlalu dekat dengan tanaman inangnya karena dapat terjadi perebutan unsur hara oleh tanaman utamanya. Untuk penanaman tanaman untuk Refugia dapat dilakukan sebelum atau bersamaan dengan penanaman tanaman utamanya, namun dianjurkan penanaman dilakukan sebelum tanaman utamanya agar dapat digunakan sebagai perlindungan oleh tanaman utama. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah usahakan agar penanaman tanaman untuk refugia sejajar dengan sinar matahari, sehingga tidak mengganggu tanaman utamanya untuk menyerap sinar matahari.

Dengan menggunakan refugia  sebagai  pengendali hama alami, sama artinya kita juga ikut menjaga kelestarian lingkungan dan kesehatan tanaman kita. Selain sebagai pengendali hama alami, refugia dapat memperindah lahan yang kita miliki. Dan menurut beberapa ahli, dengan adanya Keberagaman fauna karena adanya tanaman berbunga akan menyebabkan terbentuknya ekosistem yang lebih stabil, yang pada gilirannya akan menjaga terjadinya keseimbangan komponen ekosistem.(sumber:BBPP KETINDAN/Sumber foto:kompasiana.com)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *