Ganjar Resmikan Agro Jawa di SEA 2019

sahabatpetani.com – Dalam pembukaan Soropadan Agrifood Expo (SAE) 2019 juga  diluncurkannya aplikasi android Agro Jowo. Aplikasi android Agro Jowo ini diresmikan langsung oleh Guberur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Aplikasi Agro Jowo bertujuan untuk menyingkat penjualan atau distribusi penjualan petani, karena rendahnya harga di petani dan tingginya harga di konsumen, maka yang diuntungkan adalah yang ditengah(para tengkulak). Selama proses penjualan dari petani hingga sampai ke konsumen harus melalui perantara yang cukup banyak, maka pendapatan petani tidak optimal.

Dengan adanya aplikasi android Agro Jowo ini bisa memotong proses yang terlalu panjang ini. “Dengan aplikasi ini, pertemuan antar produsen dan konsumen lebih efesien. Harapan kita bisa memotong rantai yang terlalu panjang, dan harga di petani bisa tinggi sedangkan di konsumen bisa lebih rendah” ucapnya.

Dengan diluncurkannya aplikasi ini, petani diharapkapkan tidak perlu bingung lagi kemana harus memasarkan hasil pertanian, perkebunan, maupun perikanan mereka. Dalam aplikasi ini, petani dapat mengunggah produk-produk unggulan mereka, stok komoditas, harga, dll. Dengan adanya tools harga, maka petani dapat menentukan harga untuk komoditas mereka, dan tidak tergantung lagi terhadap tengkulak dalam penentuan harga.

Pekerjaan rumah(PR) selanjutnya  adalah mengajari petani tentang penggunaan Teknologi Informasi (TI) dan soal aplikasi ini, maka dibutuhkan peran dari dinas, atau seseorang yang ahli dalam bidang TI atau pertanian.

Perlu diketahui, Soropadan Agrifoood adalah event 2 tahunan yang diselenggarakan oleh Pemprov Jawa Tengah, yang pada tahu ini mengambil tema “Korporasi Petani dan Integrasi Teknologi Informasi Menuju Petani Semakin Sejahtera” .

Pada event tersebut, PT Petrokimia Gresik turut meramaikan acara  tersebut, dengan mendirikan stan yang bertujuan untuk mengenalkan produk-produk PT Petrokimia Gresik terhadap pengunjung dan petani sekitar. (Sumber: SP dan tribunjateng.com/Sumber foto: gemahripah.co)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *