Solusi Jitu Tanam Buah Di Lahan Sempit

sahabatpetani.com – Seiring berjalannya waktu, pertambahan penduduk  semakin meningkat. Dampak dari bertambahnya jumlah penduduk ini mengakibatkan luas lahan pertanian dan perkebunan menjadi semakin sedikit. Terutama pada daerah perkotaan yang sangat sedikit akan lahan untuk bertanam.

Melihat fakta tersebut, perlu adanya solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut.  Salah satunya dengan adanya pergeseran cara menanam dari yang konvensional menjadi lebih modern. salah satu metode tersebut adalah metode tanam tabulampot.

Tabulampot (tanaman buah dalam pot) adalah metode tanam buah dalam pot, sehinnga tidak memerlukan lahan yang luas dalam bercocok tanam. Metode ini juga sangat cocok untuk warga perkotaan yang ingin menanam buah namun tidak memiliki lahan yang cukup untuk bercocok tanam.

Tabulampot juga memiliki beberapa kelebihan lain, selain membutuhkan lahan yang sedikit , tabulampot dapat dipindah-pindah tanpa harus khawatir akan merusak tanaman. Tak hanya itu, tabulampot dapat juga sebagai hiasan di halaman rumah dan masa pembungaan dan pembuahan dapat diatur.

Secara umum, semua jenis tanaman dapat ditanam dengan  cara tabulampot, tetapi tidak semua dapat berbuah secara optimal karena tidak semua tanaman dapat tumbuh ditempat yang kecil. Ada beberapa jenis tanaman yang dapat ditanam dalam pot dan menghasilkan buah. Berikut beberapa jenis tanaman buah yang dapat ditanam dalam pot:

  1. Nanas

Dalam budidaya nanas dalam pot, harus memperhatikan kecukupan kadar air agar buah tetap segar dan tumbuh dengan baik.

  1. Jeruk atau Lemon

Pemberian pupuk dengan kandungan fosfor yang tinggi dapat mempercepat pembuahan.

  1. Buah Tin

Di indonesia belum banyak masyarakat yang membudidayakan tanaman ini, tetapi kenyataannya buah tin dapat dibudidayakan di dalam pot

  1. Stroberi

Tanaman yang cocok tumbuh di dataran tinggi ini, ternyata juga dapat dibudidayakan di dalam pot.

  1. Semangka

Hal yang perlu diperhatikan, saat akan menanam tambahkan kayu sebagai tempat merambat dan gunakan pot ukuran 50 cm serta perhaatikan asupan air.(SP dan rumahtanaman.com/ sumber foto: utakatikotak.com)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *