Meski kecil, Tomat Punya Banyak Manfaat Bagi Tubuh

sahabatpetani.com – Tomat (Lycopersicon esculentum L.)  adalah tanaman buah dari keluarga Solanaceae, dan merupakan tanaman  asli Amerika Tengah. Tomat dapat dikonsumsi secara langsung atau melalui pengolahan terlebih dahulu. Pada umumnya tomat dijadikan pelengkap bumbu dapur dan masakan.

Namun selain rasanya yang enak, tomat ternyata mempunyai banyak manfaat bagi tubuh kita. Salah satu kandungan yang ada di dalam tomat yaitu likopen, likopen ini berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menghancurkan radikal bebas yang berbahaya di dalam tubuh. Likopen ini terletak di sel dinding tomat. Likopen akan mudah dan meningkat diserap oleh tanaman saat diproses menjadi jus dan saus. Pigmen merah dalam buah tomat lebih banyak mengandung likopen, artinya buah tomat yang sudah matang memiliki likopen yang lebih banyak dibanding buah tomat yang masih berwarna hijau atau oranye.

Selain likopen, tomat juga mempunyai manfaat lain dalam menyembuhkan beberapa penyakit, antara lain:

  1. Mencegah pembentukan batu di saluran kencing

Dengan memakan buah tomat di pagi hari, dapat mencegah pembentukan batu di saluran kencing atau mencegah terbentuknya batu ginjal. Selain itu, dengan memakan buah tomat setiap hari dapat menyembuhkan sakit liver, encok, sakit kulit tertentu, tuberkulosis, asma, dan kencing manis.

  1. Mengobati demam

Dengan melumatkan 3 buah tomat masak yang sudah dibersihkan dalam gelas berisi air masak, lalu ditambahkan 1 sendok makan dapat membantu menurunkan demam. lakukan dalam 3 kali sehari.

  1. Sakit Jantung

Penderita sakit jantung dan gangguan metabolisme sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah tomat, karena kandungannya yang kaya akan garam kalium dan beberapa vitamin.

  1. Menjaga kesegaran tubuh

Kandungan vitamin C yang ada dalam buah tomat sangat berguna untuk menjaga agara pikiran dan tubuh tetap segar sepanjang hari.

  1. Tuberkulosis dan Penyakit dada

dengan menelan 3 siung bawang putih dan meminum sari buah tomat dicampur dengan madu dan sejumput bubuk kapulaga setiap malam sebelum tidur dapat membantu dalam penyembuhan tuberkulosis dan penyakit dada.

  1. Masker pengencang pori-pori

Buah tomat yang dimanfaatkan sebagai masker dapat berfungsi mengecilkan dan mengencangkan pori-pori kulit, sehingga kulit tidak mudah dimasuki radikal bebas yang menyebakan jerawat.

  1. Sariawan

Dengan memasak buah tomat dengan ikan, sayuran, dan makanan lain dapat menyembuhkan sakit sariawan. Namun sebelum dimasak, belah terlebih dahulu buah tomat yang sudah matang.

Itulah beberapa manfaat  dan khasiat tomat bagi tubuh kita. Namun selain itu, bagian kulit luar tomat dapat juga dimanfaatkan sebagai komestika alami, yaitu dengan cara menutup muka dengan kulit buah tomat selama 1 jam setiapa harinya.(SP/Farm Big Book)

 

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *