Loader
 

7 Manfaat Menerapkan Urban Farming, Yuk Cobain!

sahabatpetani.comPasti diantara sahabat semua sudah kenal denganurban farming. Ya benar, urban farming adalah kegiatan menanam tanaman di area yang padat penduduk dan ditujukan untuk konsumsi pribadi ataupun dikomersilkan dalam skala kecil.

Mungkin terdengar mudah untuk menerapkannya, tapi ada hal yang perlu kamu perhatikan yaitu selektif dalam memilih jenis tanaman, hal ini agar sesuai dengan keadaan lahan yang kamu miliki. Jika lahanmu sempit, maka pilihlah tanaman yang sesuai dengan luas lahan. Sehingga kamu bisa melakukan penataan tanaman dengan baik dan terlihat lebih menarik.

Buat kamu yang ingin menerapkan urban farming, ada manfaat yang akan kamu dapatkan, berikut diantaranya.

1. Mengurangi ketergantungan terhadap pasar.

Kebutuhan pangan seperti sayur dan buah bisa kamu sediakan sendiri di rumah dari hasil urban farming. Dalam hal ini juga, kamu turut berperan membantu menstabilkan harga di pasaran karena permintaan akan cenderung menurun. Selain itu, kamu bisa mengurangi pengeluaran biaya akan kebutuhan pangan dan bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya.

2. Memanfaatkan lahan kosong yang kamu miliki untuk sesuatu hal yang berguna 

Urban farming tidak membutuhkan ukuran lahan tertentu, namun itu semua tergantung kreativitasmu dalam menerapkannya. Kamu bisa coba menerapkannya pada pot, polybag, hidroponik, akuaponik, vertiminaponik, vertikultur atau wall gardening.

3. Memanfaatkan barang bekas yang ada dirumahmu.  

Barang bekas seperti botol bekas minuman, roda kendaraan yang tidak terpakai, cangkang telur dan lain-lain bisa kamu ubah menjadi alternatif tempat menanam tanaman. Sehingga kamu bebas mengkreasikan sesuai keterampilan yang kamu miliki dan tentunya bisa menekan penggunaan biaya urban farmingmu.

4. Membuat kebiasaan hidupmu menjadi lebih sehat.

Hidup sehat merupakan keinginan setiap orang. Jadi jika kamu ingin mencari kegiatan untuk menunjang hidup sehat, tidak ada salahnya untuk mencoba menerapkan urban farming di rumah ketika waktu luang dan hal ini juga bisa sebagai pengembangan dirimu dengan lingkungan sekitar.

5. Lingkunganmu menjadi lebih tertata dan segar.

Dengan menerapkan urban farming, menjadikan lingkungan rumahmu serasa memiliki pemandangan hijau yang bisa membuat pikiranmu saat jenuh menjadi segar kembali dan oksigen yang dihasilkan dari tanaman urban farming sangat baik untuk tubuhmu.

6. Membantu memenuhi kebutuhan gizimu.

Hasil sayuran dan buah-buahan dari penerapan urban farming memiliki kualitas yang baik, apalagi jika dalam perawatannya kamu menggunakan Pupuk Organik Petroganik, Phonska Oca atau Petro Ponic yang bisa menunjang hasil panenmu lebih segar dan sehat. Sehingga gizi dalam tubuhmu bisa terpenuhi.

7. Menekan global warming.

Zaman sekarang ini memang maraknya penebangan hutan secara liar dan pengalihan lahan potensial menjadi kawasan properti, yang mana jika dilakukan terus menerus tanpa adanya pembatasan, akan membuat bumi ini semakin panas dan salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk membantu menekan global warming adalah menerapkan urban farming di rumah. Dengan berperan didalamnya, kamu turut aktif menjaga bumi ini tetap seimbang.  

Gimana sahabat ? Ingin mendapatkan manfaat seperti diatas dan turut aktif menjaga bumi ini ? Ayo kamu bisa menerapakan urban farming di rumahmu dari sekarang ya ! Selamat mencoba ! (Fajar / SP/foto: sisternet.co.id)

About the Author /

sahabatpetanindo@gmail.com

Post a Comment