Loader
 

Antisipasi Defisit Pangan, Pemprov Riau Melakukan Gerakan Peningkatan Ketahanan Pangan

Riau, sahabatpetani.com – Pemerintah Provinsi Riau menggelar penanaman serentak di sejumlah wilayah untuk meningkatkan produktivitas dan kemandirian pangan wilayahnya ditengah pandemic Covid-19 (6/5/2020). Penanaman tersebut dilaksanakan bersama dengan berbagai stakeholders seperti petani sekitar dan BUMN yang bergerak pada sektor agroindustri seperti PT Petrokimia Gresik dan PT Pertani.

Gerakan menanam serentak ini dipusatkan di Desa Kuala, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar. Acara dibuka oleh Gubernur Riau didampingi Wakil Gubernur, Bupati Kabupaten Kampar, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Riau, Kapolda dan perwakilan dari berbagai unsur seperti BUMN, BUMD dan tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya Gubernur Riau, H. Syamsuar menjelaskan bahwa ia telah menginstruksikan kepada seluruh Walikota dan Bupati se-Provinsi Riau untuk melakukan gerakan tanam penyediaan pangan daerah dengan menanam didaerah nasing-masing dengan berbagai komoditas tanaman pangan dan hortikultura.

“Riau merupakan wilayah yang mana 80% nya adalah tanaman dengan komoditas perkebunan, kita harus melakukan penanaman berbagai komoditas, seperti padi, ubi kayu, sayur-sayuran dan buah-buahan. Saat ini pasokan pangan di Provinsi Riau masih tergantung dari provinsti tetangga seperti  sumatera Utara  dan Sumatera Barat, maka dari itu Provinsi Riau harus mandiri pangan”, pungkas Syamsuar.

Ia juga menerangkan, semua manusia memerlukan makan sebagai kebutuhan pokoknya. Namun saat ini, Riau belum bisa memenuhi kebutuhan pangannya sendiri “Untuk kebutuhan masyarakat yang hampir tujuh juta orang, masih sekitar 35% yang bisa dipenuhi oleh hasil beras dari Riau” ungkap Gubernur Riau.

Untuk itu, ia berharap kepada seluruh petani dan berbagai pihak dapat membantu dengan langkah intensifikasi pertanian serta memanfaatkan lahan kosong sebagai lokasi menanam.

Lahan yang digunakan dalam program ini adalah lahan milik Pemprov Riau seluas 22 Hektare, dalam program ini PT Petrokimia Gresik (PG) sebagai BUMN dibidang Agroindustri turut serta dengan melakukan demplot seluas 5 hektar melalui  bantuan jaringan distributor di Provinsi Riau.

Donny Rachman selaku Staf Perwakilan Daerah Penjualan (SPDP) PG wilayah Riau menyatakan bahwa PG sangat siap untuk mendukung program bapak Gubernur, kami telah melakukan edukasi kepada petani melalui kegiatan demplot komoditas padi seluas 5 Ha di Kabupaten Kampar.

“PG memiliki paket teknologi yang lengkap dalam peningkatan produktivitas pertanian. Pada uji coba Demplot kali ini,  dalam 1 ha lahan kami menggunakan konsep pemupukan berimbang spesifik komoditas dan spesifik lokasi dengan memberikan 1 ton Kapur Pertanian Kebomas, 500 Kg pupuk Petroganik, 300kg NPK Phonska Plus dan 200kg ZA”, ungkapnya. (adhitya herwin/SP)

About the Author /

sahabatpetanindo@gmail.com

Post a Comment