Loader
 

BARU ! AVOKAD TANPA BIJI

sahabatpetani.com – Sekilas bentuknya mirip mentimun. Lazimnya buah Persea americana itu bulat atau mirip bohlam. Ukuran buah terbilang mungil. Per kilogram berisi 20—25 buah. Bandingkan dengan avokad lain pada umumnya terdiri atas 3—5 buah per kilogram. Keanehan buah anggota famili Lauraceae itu belum berakhir. Ketika pehobi buah di Kediri, Jawa Timur, Sondika membelah avokad, tak tampak ada biji.

Porsi daging buah yang dapat dikonsumsi kian tinggi. Dari segi rasa enak plus tidak lembek. Selain itu juga tidak pahit. Padahal avokad biasa kalau dikonsumsi muda ada rasa pahitnya. Pehobi buah di Kota Malang, Jawa Timur, Ahut F Hendarul, juga mencicip avokad tanpa biji. Ia memperoleh buah itu dari sesama pehobi buah, Herfin Sasono.

Rasa buahnya cukup gurih dan tidak ada getirnya. Tekstur daging buahnya medium, tidak begitu basah dan tidak begitu pulen, demikian komentar Arul—sapaan akrab Ahut F Hendarul. Semula Arul kurang tertarik untuk mencicipi karena ukuran buah kecil. Menurut Arul avokad tanpa biji itu layak sebagai buah meja. Namun, dari segi rasa, menurut Herfin masih kalah dengan avokad mentega yang sudah banyak beredar di pasaran. Masih lebih istimewa avokad mentega.

Keunggulan utama buah kaya protein itu terletak pada penampilan buahnya yang lonjong seperti mentimun plus tanpa biji. Penampilannya yang unik menjadi daya tarik utama avokad itu. Pakar buah dari Institut Pertanian Bogor, Prof. Dr. Sobir mengatakan belum pernah mendapatkan avokad tanpa biji yang unik. Sepertinya avokad yang tipe lonjong, tapi karena bijinya yang tidak terbentuk maka ukurannya menjadi lebih kecil lagi, demikian penjelasan Sobir.

Menurut Sobir avokad berpenampilan seperti itu punya prospek bagus untuk salad atau dimakan langsung karena tak berbiji. Namun, kurang cocok untuk dikonsumsi sebagai minuman jus buah. Penyebabnya, buahnya terlalu kecil sehingga kurang cocok untuk jus. Buah avokad mungil itu tersebar di berbagai daerah di Jawa Timur

Pemasok buah di Jember, Jawa Timur, Asroful Uswatun, menuturkan buah avokad mungil itu dijajakan di pasar Lawang, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Namun, ia juga tidak mengetahui pohon induknya. Herfin Sasono menuturkan buahnya tersebar di Situbondo dan Nganjuk. Sondika mendapatkan buah avokad mungil itu beserta ranting-rantingnya. Kini, avokad tanpa biji itu sudah muncul dengan ukuran yang mungil berisi 20 buah per kg. Namun bibit dan pohon induknya masih simpangsiur.(SP) 

About the Author /

sahabatpetanindo@gmail.com

Post a Comment