Loader
 

BINA SISWA SISWI SLB MELALUI COCOK TANAM DAN KOMPOSTING

sahabatpetani, Gresik – Kamis(2/1/2020) Pengurus Masjid Nurul Jannah beserta PT Petrokimia Gresik dan PT Petrosida berkolaborasi dengan Polres Gresik mengadakan program penutupan pelatihan dan pembekalan Budidaya tanaman sayur dan komposting peserta didik SLB(Sekolah Luar Biasa) A.B kemala Bhayangkari 2 Gresik.

Dihadiri oleh Bapak Kompol Edi Cahyono kabag Sumber Daya yang datang mewakili kapolres Kabupaten Gresik, Ibu Kapolres, Cut Laura Kusworo, selaku ketua Bhayangkari cabang Gresik dan Pembina Yayasan a.b Kemala Bhayangkari, Direktur Utama PT Petrokimia Gresik, Rahmat Pribadi, Direksi PT Petrosida beserta jajaran Polres Gresik maupun yayasan kemala bhayangkari, Eselon I Direksi , dan para Undangan .

Dalam Sambutannya, Ketua Pengurus K3PG dan Kepala pengurus Masjid Nurul Jannah, Rohmad menyampaikan bahwa bangga dapat memberkan bekal dan pengetahuan kepada para murid SLB A.B Kemala Bhayangkari. “Kami sangat bahagia menjadi bagian untuk dapat memberikan pelatihan dan pembekalan terhadap para murid SLB A.B Kemala Bhayangkari. Pelatihan dan pembekalan ini sudah dilakukan sejak hari sabtu(28/12/2019), jadi selama 3 hari para murid diajarkan cara menanam dan cara komposting”, jelasnya.

Harapannya, dengan adanya kegiatan ini bisa memberi manfaat tidak hanya kepada para murid melainkan bagi para guru dan masyarakat sekitar”, imbuhnya.

Sejalan dengan yang disampaikan oleh Rohmad, dalam sambutannya Direktur Utama Petrokimia Gresik, Rahmad Pribadi menyampaikan bahwa salah satu tujuan diadakannya pelatihan dan pembekalan ini bertujuan untuk meningkatkan rasa cinta kita terhadap lingkungan. “Seperti yang kita ketahui, tahun baru kita disambut dan terkaget-kaget dengan banyak sekali kejadian alam, seperti banjir yang terjadi di beberapa kota Indonesia tak terkecuali Kota Gresik ini. Dengan adanya kegiatan ini dapat menumbuhkan rasa cinta kita terhadap lingkungan. Kegiatan bercocok tanam ini tentu saja tidak hanya memberikan manfaat secara ekonomis dan lingkungan, melainkan memberikan dampak psikologis  dan motorik juga”, terangnya.

“Dan harapan nantinya ilmu yang didapat ini mampu diaplikasikan oleh para siswa sehingga mampu mandiri secara ekonomi”, imbuh Rahmad.

Dalam acara tersebut juga diberikan sertifikat pelatihan dan pembekalan terhadap para siswa siswi SLB A.B Kemala Bhayangkari 2 Gresik dan penyerahan bantuan secara simbolis  yang diberikan langsung oleh Direktur utama Petrokimia Gresik. Selain itu, diberikan bantuan pula berupa pupuk kompos yang dibuat oleh siswa siswi SLB bersama abang-abang becak yang dikelola oleh pengurus masjid Nurul Jannah.

Penyerahan Sertifikat Pelatihan dan Pembekalan oleh Direktur Utama PT Petrokimia Gresik kepada siswa siswi SLB A.B Kemala Bhayangkari 2 Gresik

Acara selanjutnya,setelah pemberian sertifikat dan bantuan dilakukan peninjauan langsung terhadap kebun yang dikelola oleh pengurus masjid Nurul Jannah. Perlu diketahui bahwa air yang digunakan dalam pengelolaan kebun menggunkan sisa air wudhu, sehingga air sisa wudhu tidak terbuang sia-sia. Selain digunakan dalam pengelolaan kebun, sisa air wudhu juga dimanfaatkan untuk pengelolaan kolam ikan.Selain peninjauan langsung, dilakukan juga panen Sawi, Tomat, dan  bersama dengan siswa siswi SLB.

Perlu diketahui Pembekalan dan pelatihan ini didukung oleh pusat Riset PT Petrokimia Gresik dan Petrosida Gresik selaku anak perusahaan dari PT Petrokimia Gresik. Selain itu, UPZ Basnas PT Petrokimia Gresik telah aktif memberikan bantuan kepada para alumni SLB berupa pelatihan, modal usaha, dan peralatan usaha sebagai modal awal untuk menjalankan usaha yang bersinergi dengan komunitas berbasis masyarakat.(Fathkurochman/SP)

About the Author /

sahabatpetanindo@gmail.com

Post a Comment