Loader
 

Binahong Selamatkan 90% Udang dari Penyakit Vibriosis

Siapa yang tak kenal vibriosis? Itulah penyakit udang yang mampu mematikan 85% populasi dalam sekejap. Sarjito dan rekan Jurusan Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro, Semarang mampu memanfaatkan daun binahong sebagai penangkal. Dari penelitian in vitro ekstrak daun binahong dari Ambarawa Jawa Tengah, dilalukan ujicoba dari beberapa komposisi perlakuan. Sarjito mencampur ekstrak daun binahong dalam pakan berbentuk pelet. Pakan pelet lalu dilapisi dengan putih telur. Selanjutnya pakan itu dikeringkan dengan suhu ruangan.

Pada perlakuan kedua yakni penggunaan 30 g ekstrak daun binahong per kg pakan mampu mencapai tingkat kelulusan hidup hingga 90%. Sungguh suatu hasil yang sangat menggembirakan. Dibandingkan kontrol yang tingkat kelulusan hidup hanya 6,6%, tentu hasil ini sangat lah signifikan.

Binahong mengandung saponin, flavonoid dan alkaloid yang berfungsi sebagai antimikroba, antivirus dan immunostimulant.  Paling tepat bila penggunaan binahong pada pakan dilengkapi dengan penggunaan probiotik untuk mengendalikan bakteri pathogen.

About the Author /

sahabatpetanindo@gmail.com

Post a Comment