Loader
 

Cara Jitu Cegah Boleng pada Ubi Jalar

www.sahabatprtani.com – Pernah mengonsumsi ubi jalar tetapi ada rasa pahit? Itulah efek yang dihasilkan dari hama boleng. Boleng Cylas formicarius adalah hama utama pada tanaman ubi jalar. Jika tidak dikendalikan boleng bisa merugikan petani karena gagal panen. Umumnya boleng menyerang saat musim kemarau. Ketika musim hujan tiba, penyakit lain yang menghadang adalah kudis Sphaceloma batatas. Belum ada ubi jalar yang mampu bertahan terhadap serangan kedua penganggu itu.

Pertama gunakan varietas yang agak tahan serangan boleng. Selanjutnya rendam bibit ubi jalar berupa setek dalam larutan pestisida berbahan deltametrin dan fungisida berbahan aktif mancozeb selama 3-9 menit. Selanjutnya celup setek ubi pada cendawan entomopatogen Beauveria bassiana. Dari hasil penelitian Tantawizal dan rekan dari Balitkabi, cendawan itu mampu menekan serangan boleng hingga tersisa 5% saja.

Setek ubi jalar dicelupkan ke dalam suspense konidia Beauveria bassiana selama 30 menit. Tindakan pencegahan lain yakni penyemprotan 10 ml suspense ke tanah. Pada tanaman yang tak menggunakan bakteri itu, serangan mencapai 74%. Makin tinggi frekuensi aplikasi cendawan itu, tingkat kerusakan hama boleng makin rendah. (SP)

About the Author /

sahabatpetanindo@gmail.com

Post a Comment