Loader
 

Dampak Covid-19 Pada Kehidupan Budaya Masyarakat

sahabatpetani.com – Sejak corona virus dinyatakan sebagai pandemi oleh organisasi kesehatan dunia (WHO), banyak pihak yakin pandemi Covid-19 ini akan membuat perubahan dalam banyak aspek kehidupan.

Perubahan itu tak hanya dari aspek kesehatan maupun aspek ekonomi saja melainkan juga meliputi Perubahan perilaku dan budaya masyarakat. Bagaimana tidak? Sebagai contoh dengan diterapkannya Work  From Home (WFH) dan belajar dari rumah yang pada awalnya tidak biasa yang lama kelamaan akan menjadi terbiasa bekerja secara jarak jauh (dari rumah). Para pelajar pun akan terbiasa dengan belajar secara jarak jauh atau daring.

Tak hanya itu yang pada awalnya kita bersikap terlalu bodo amat dan tidak peduli terhadap budaya cuci tangan yang bersih akan menjadi terbiasa dengan budaya cuci tangan bersih ini. Dan kita akan semakin memperhatkan budaya hidup sehat agar tidak terkena virus corona ini.

Dengan adanya virus ini menyadarkan kita agar saling pedui terhadap sesama, tidak mementingkan diri sendiri melainkan juga kepentingan orang lain. Saling memberikan uluran tangan bagi saudara kita yang membutuhkan. Tak hanya mengandalkan para pejuang garis depan, melainkan ikut memberikan bantuan dan mengikuti anjuran pemerintah untuk tetap dirumah saja.

Virus corona ini menyadarkan kita bahwa jarak antar negara semakin tak besekat, saling mempengaruhi dan dipengaruhi. Hal ini terlihat bagaimana virus ini apat menyebar dengan cepat, yang bermula di Kota Wuhan, Cina kini dengan mudahnya dapat menyebar hampir ke seluruh penjuru dunia dan dapat menyerang siapa saja.

Kita percaya teori Butterfly effect, satu kepakan kupu-kupu bisa mempengaruhi perubahan iklim. Dan teori itu tampak semakin nyata sekarang. Perubahan yang kita yakini juga akan terjadi pada pola konsumsi informasi masyarakat.

Ditengah-tengah pandemi covid-19 ini tak sedikit beberapa oknum yang memanfaatkan media massa untuk menyebaran berita hoax maupun teori konspirasi yang tiada habisnya.

Oleh karena itu kini Masyarakat semakin membutuhkan informasi yang kredibel, yang tentunya lebih mudah diakses dari Media Massa yang kredibel. Pastinya masyarakat nantinya semakin cerdas memilih informasi yang dapat dipercaya.(Hadiyoko/SP)

Editor : Adhit/Fathkur

About the Author /

sahabatpetanindo@gmail.com

Post a Comment