Loader
 

Demplot Phonska Plus Tingkatkan Produktivitas Panen di Kalsel

sahabatpetani.com – Ditegah pandemi covid-19 yang telah melanda Indonesia termmasuk di wilayah Kalimantan Selatan, tak menyurutkan semangat para petani untuk melakukan panen. Salah satunya Akhmad Rifai anggota Kelompok Tani Sumber Harapan, Desa Pantai Linuh, Kec. Batu Ampar, Kab. Tanah Laut, Kalimantan Selatan, yang merupakan salah satu petani yang lahan miliknya dilakukan demplot oleh PT Petrokimia Gresik dan telah panen pada Selasa(12/5/2020).

Dari hasil panen yang telah dilakukan pada lahan demplot, Pada luas lahan 1 ha Setelah menggunakan pupuk NPK Phonska Plus menghasilkan ubinan sebesar 5,76 ton, hasil ubinan ini mengalami peningkatan dibanding dengan hasil sebelum menggunkan phonska plus, yang hanya menghasilkan ubinan sebesar 5,12 ton. Hal ini menunjukan adanya peningkatan hasil panen sekitar 0,64 ton per Ha.

Menurut akhmad, penggunaan ZA dan Phonska Plus sesuai dengan anjuran tim promosi Petrokimia Gresik membuat tanaman terlihat kokoh. “setelah saya menggunakan pupuk Phonska Plus dibarengi ZA tanaman terlihat lebih kokoh dan kuat, nggak gampang roboh. terus bulir padi hampir semuanya berisi/ bernas. Pada pertanaman sebelumnya bulir padi bagian bawah banyak yang kosong,” jelasnya.

Selain menggunakan pupuk phoonska plus dan ZA, dalam dalam demplot ini juga menggunakan kapur pertanian (kaptan) kebomas yang berfunsi untuk menetralkan pH tanah. Akhmad juga mengaku setelah menggunakan kaptan kebomas, tanaman menyerap pupuk lebih optimal karena tanah yang sebelumnya masam menjadi netral. “tanah saya menjadi lebih bagus, gembur, dan lebih sehat. Tanaman saya juga jadi lebih optimal nyerap pupuk yang saya beri, jadi pupuknya tidak kebuang sia-sia,” jelas Akhmad.

Adapun Phonska plus sendiri merupakan Pupuk NPK Majemuk Generasi baru dengan kandungan NPK 15-15-15 serta diperkaya dengan 9% Sulfur untuk meningkatkan kualitas dan daya simpan hasil panen serta diperkaya Zink (Zn) sebesar 2.000 untuk mengoptimalkan pembentukan bunga dan memperbanyak buah. Tak hanya itu Phonska Plus Dapat meningkatkan efisiensi & efektifitas penggunaan pupuk sehingga jumlah & mutu hasil panen pun mengalami peningkatan.

Sementara itu, kegiatan panen ini dilaksanakan sesuai protokol pencegahan COVID-19 dengan melibatkan berbagai elemen di sektor hulu pertanian yakni pengecer, distributor dan Petrokimia Gresik selaku produsen pupuk, sebagai bentuk dukungan kepada para petani.

Dalam kegiatan yang sama, PT Pertani yang merupakan salah satu distributor Petrokimia Gresik juga memberikan masker kepada para petani. Hal ini dilakukan untuk ikut serta mencegah penularan covid-19 dan memperkuat optimisme para petani dalam menjalankan kegiatan pertanian disaat pandemi Covid-19 dan demi menjaga ketersediaan pangan nasional. (Gigih/SP)

Editor : Adhit/Fathkur

About the Author /

sahabatpetanindo@gmail.com

Post a Comment