Loader
 

Dongkrak Produktivitas Bawang Putih Dengan Terapkan Pemupukan Berimbang

sahabatpetani.com – Petrokimia Gresik (PG) sebagai perusahaan solusi agroindustri, terus memberikan inovasi program untuk meningkatkan produktivitas berbagai komoditas pertanian di dalam negeri. Salah satunya melalui demplot penggunaan NPK Petro Ningrat yang dilakukan di Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Demplot yang dilakukan PG  pada tanaman Bawang Putih varietas bagong menggunakan produk NPK Petro Ningrat mampu mendongkrak produktivitas.

Aziz Saputra selaku petugas agronomis Mobil Uji Tanah (MUT) Petrokimia Gresik, mengungkapkan pengalamannya selama mengawal demplot bawang putih ini, Aziz mengamati pertumbuhan bawang putih mulai dari fase pengolahan tanah, penanaman, pemeliharaan hingga pemanenan. Aziz menuturkan salah satu faktor keberhasilan demplot bawang putih ini adalah penggunaan konsep pemupukan berimbang spesifik komoditi.

Menurut permentan nomor 130, tahun 2014, Pemupukan berimbang adalah pemberian pupuk bagi tanaman sesuai dengan status hara tanah dan kebutuhan tanaman untuk mencapai produktivitas yang optimal dan berkelanjutan.

Adapun dosis yang diterapkan dalam demplot ini adalah Petroganik sebesar  200 kg/10 are, NPK Petro Ningrat 80kg/10 are dan ZK 5kg/10 Are sesuai dengan kebutuhan tanaman bawang putih. Dimana NPK Petro Ningrat sendiri merupakan salah satu produk unggulan Petrokimia Gresik yang mengandung formula N=12%, P=11%, dan K=20%, dimana kandungan Nitrogen dalam bentuk Nitrat yang terkandung sangat mudah diserap tanaman. Serta memiliki kandungan chlor yang rendah, sangat cocok untuk beberapa tanaman yang sensitif terhadap chlor.

Demplot ini merupakan salah satu bentuk nyata PG dalam memenuhi kebutuhan konsumsi bawang putih dalam negeri dengan cara meningkatkan produktivitas.

Muhammad Nuh selaku Staf Perwakilan Penjualan Daerah (SPDP) wilayah NTB mengungkapkan bahwa PG selalu siap membantu para petani di NTB serta memberikan solusi dalam bentuk paket teknologi untuk meningkatkan produktivitas berbagai komoditas dalam negeri. “Tak hanya menyediakan pupuk bersubsidi saja, kami juga menyediakan banyak varian non-subsidi yg tersebar di kios resmi di seluruh daerah di NTB. Urea non Subsidi, ZA non Subsidi, SP-36 non subsidi, NPK Phonska Plus, NPK Petro Nitrat, NPK Petro Ningrat, ZK Petro yang siap memenuhi kebutuhan unsur hara tanaman,” jelasnya.

 Ia juga menambahkan bahwa pemilihan Sembalun sebagai lokasi demplot, karena sembalun merupakan sentra tanaman bawang putih di NTB dan termasuk salah satu lokasi yang ditunjuk sebagai penyokong kebutuhan bawang putih Nasional. (SP)

Editor : Adhit/Fachtur

About the Author /

sahabatpetanindo@gmail.com

Post a Comment