Loader
 

LED Grow Lights Gantikan Sinar Matahari Di Dalam Ruangan

sahabatpetani.com – Sinar matahari merupakan salah satu unsur  penting dalam tumbuh kembang tumbuhan. Tanpa adanaya sinar matahari tumbuhan akan layu dan mati.  Sinar matahari sendiri sebagai salah satu komponen penting dalam fotosintesis. Selain itu, sinar matahari berfungsi untuk menghangatkan biji, membantu proses kecambah, mengaktifkan kecambah, menjaga temperatur tumbuhan, dan masih banyak lagi.

Melihat pentingnya manfaat sinar matahari bagi tanaman membuat tumbuhan harus mendapatkan sinar matahari yang cukup agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Namun jika memasuki musim hujan atau perubahan musim yang secara tiba-tiba membuat tanaman kurang mendapat sinar matahari yang cukup.

Dengan berkembangnya ilmu dan teknologi, matahari dapat dimanipulasi, yaitu dengan LED Grow Lights. LED Grow Lights adalah sumber cahaya buatan, umumnya lampu listrik yang dirancang untuk merangsang pertumbuhan tanaman dengan memancarkan cahaya yang sesuai untuk fotosintesis.

LED Grow Lights terbuat dari dua jenis bahan semikonduktor yang  memiliki beda muatan, yaitu positif dan negatif. Muatan negatif disebut dengan elektron dan muatan positif disebut lubang. Jika LED ini dialiri listrik maka akan terjadi rekombinasi  atau proses pelepasan energi  oleh elektron dan lubang  dalam bentuk foton dan kuanta cahaya.

LED Grow Light memiliki kemampuan untuk mencocokkan cahaya dengan kebutuhan tanaman. Cara kerja LED Grow Light memberikan spektrum warna yang sesuai dengan sinar matahari atau menyediakan spektrum yang dibutuhkan oleh tanaman. Seelain itu, LED Grow Lights dapat menitu kondisi diluar ruangan dengan  berbagai warna, suhu dan keluaran spektral dari LED Grow Lights.

Setiap Spektrum warna memberikan  pengaruh tersendiri bagi tanaman.spektrum cahaya biru dan merah memberikan pengaruh terhadap pembentukan akar dan bunga. Penggabungan spektrum hijau, merah, dan biru akan menghasilkan tanaman berkualitas tinggi yang meliputi pertumbuhan lebih cepat, lebih banyak akumulasi metabolit sekunder, dan lain sebagainya. Spektrum yang berisi semua warna disebut spektrum penuh dan sebagian besar menyerupai sinar matahari. Pemberian spektral dan intensitas lampu bergantung pada fase tumbuh tanaman dan waktu kebutuhan tanaman agar mendapatkan hasil yang maksimal.(Berbagai Sumber/foto: wsj.com)

About the Author /

sahabatpetanindo@gmail.com

Post a Comment