Loader
 

Ini Rahasia Olah Fillet Ikan Patin

sahabatpetani.com – Permintaan fillet ikan patin kini melaju pesat. Banyak peternak mengaku kewalahan memenuhi order pabrik fillet ikan. Meski demikian, fillet ikan sebenarnya bisa diproduksi skala rumahan. Tak perlu peralatan rumit, proses fillet bisa dilakukan secara manual asalkan tepat. Berikut cara olahnya : Pertama, kerat bagian antara kepala dan dada, lalu biarkan hingga seluruh darah keluar. Setelah satu jam, umumnya darah akan habis, dan daging ikan pun siap dicuci hingga bersih.

Letakkan bagian tajam pisau tepat dekat sirip dada ikan, lalu kerat hingga mengenai tulang punggung ikan. Lakukan cara yang sama pada sisi lain. Iris bagian pangkal ikan pada kedua sisinya. Selanjutnya buang sirip perut ikan. Mulailah membuat fillet ikan mulai dari pangkal kepala hingga pangkal ekor. Saat membelah daging lakukan dengan cermat sehingga hanya sedikit daging ikan yang tersisa pada tulang ikan. Kupas kulit ikan dengan cara mengiris antara kulit dan daging di bagian pangkal ekor. Agar mudah, tahan bagian kulit lalu gerakkan pisau untuk menyisir daging ikan sampai ke dekat kepala.

Kemudian, rapikan bagian tepi fillet, dan buang bagian merah di tengah fillet. Cuci ikan hingga bersih dan susun pada wadah datar. Bekukan pada lemari pendingin dan timbang fillet serta siap kemas dalam plastic vakum. Idealnya, daging fillet harus putih bersih. Untuk menjaga kualitas itu, pilih patin yang dibudidayakan dengan kondisi air yang bagus. Air yang digunakan harus mengalir dan sumber air tidak tercemar. Air yang tercemar menyebabkan fillet ikan menjadi kekuningan.(SP)

About the Author /

sahabatpetanindo@gmail.com

Post a Comment