Loader
 

Jeruk Unik Seukuran Jempol

sahabatpetani.com – Tak ada yang aneh pada sosok tanaman jeruk itu. Namun setelah benar-benar diamati, tampak sosok buah berukuran kecil menyembul di sela-sela daun. Puluhan buah yang ternyata masih keluarga jeruk memenuhi tajuk tanaman setinggi 2 meter. Yang unik, ukurannya hanya sebesar ibu jari orang dewasa. Menurut Rudy Harianto, pemilik tanaman, nama jeruk itu adalah sunrise lime. Buah itu merupakan persilangan antara jeruk finger lime dan calamondin. Selain ukuran yang mini, jeruk itu juga bercita rasa manis bercampur masam.

Jeruk Citrus reticulata itu konon asalnya dari Australia. Meski demikian, sunrise lime tergolong adaptif di tanah air. Terbukti jeruk sunrise lime mulai berbuah ketika berumur satu tahun dan cenderung produktif dengan 30—50 buah per pohon saat panen perdana. Daya keberhasilan hidup 80—90% dan siap panen saat berumur 8—9 bulan pascabunga.

Sunrise lime memiliki karakter antara jeruk mandarin dan qumquat. Tinggi tanaman mencapai 2—3 meter dan buah berwarna kuning cerah. Daun sunrise lime berwarna hijau berbentuk oval dengan panjang 40—50 mm lebar 20—30 mm. Buah umumnya dipanen sekitar September.  Menurut peneliti di Balai Penelitian Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro), Kotamadya Batu, Jawa Timur, Ir. Emi Budiyati, sunrise lime cocok untuk perayaan hari besar etnis Tionghoa seperti Imlek. Kini hanya sedikit kolektor yang memiliki jeruk itu. Emi Budiyati menuturkan, penampilan sunrise lime menyerupai nagami. Sepintas memang mirip nagami asal Jepang yang juga berukuran mini. Masyarakat Indonesia telah lama mengenal nagami. Bedanya ukuran nagami lebih panjang dibandingkan dengan buah sunrise lime. Jeruk itu berproduksi baik di dataran rendah dan tinggi. Perbedaan hanya pada warna kulit. Tanaman di dataran tinggi menghasilkan buah berkulit lebih jingga. Itulah sebabnya tampilannya pun lebih bagus. (SP)

About the Author /

sahabatpetanindo@gmail.com

Post a Comment