Loader
 

Kolaborasi NPK Petro Nitrat dan Sistem BujangSeta, buahkan Jeruk Sepanjang Tahun dengan Hasil Melimpah

Sahabatpetani.com -Bujangseta atau Buah Berjenjang Sepanjang Tahun adalah sistem budidaya jeruk yang bisa menghasilkan secara berjenjang sepanjang tahun. Sehingga dalam satu tahun petani jeruk dapat panen sampai 5 (lima) kali panen.

Pada 5 Desemer 2019, telah dilakukan FFD (Farm Field Day) demplot (demonstrasi plot) jeruk di kelompok tani Madani, Dusun Cemetuk, Desa Cluring, kecamatan Cluring, kabupaten Banyuwangi yang mengkolaborasikan sistem bujangseta dengan salah satu produk unggulan Petrokimia Gresik, NPK Petro Nitrat. Dalam acara tersebut dihadiri oleh tim dari Balitjestro, Buyung mansyuri, divisi penelitian  tanaman dan Edy Tjahyono sebagai pelaksana teknis lapangan Balijetstro serta petani kelompok  tani Madani dan petani sekitar. sedangkan perwakilan dari Petrokimia Gresik di wakili oleh Joko Sabdono Suro, staf promcansar dan PPD kabupaten Banyuwangi ( Petugas Penjualan Daerah ).

Dari hasil demplot yang telah dilakukan, Ali Mansur (petani yang lahannya dilakukan demplot),  mengaku bahwa Hasil demplot meggunakan NPK Petro Nitrat pada buah pertama menghasilkan buah yang lebih banyak dari biasanya. “Di buah pertama/ ungaran dengan menggunakan NPK Petro Nitrat, mampu menghasilkan 7-8 kwintal pada umur tanaman 2 tahun 4 bulan dan ini sangat bagus bila di bandingkan waktu sebelum memakai produk NPK Petro Nitrat. Sebelumnya saya hanya memnghasilkan buah pertama hanya 4-5 kwintal pada umur 3 tahun”, jelasnya.

Mansur juga menambahkan pengalamannnya kepada anggota kelompok tani lainnya bahwasanya budidaya jeruk itu bila di padukan dengan antara pengalaman serta perawatan dan pemupukan yang benar sesuai dengan kebutuhan tanaman maka hasil tidak akan menipu. “Sistem pemupukan supaya bisa berbuah sepanjang musim, dalam interval 1,5 bulan berikan pupuk Petronitrat dengan cara padat – cair – padat – cair, dalam artian padat langsung diaplikasikan pada lahan sedangkan cair dilarutkan dalam air. untuk dosis padat (langsung ditebar/diaplikasikan) 0,4-,5 kg/pohon dan untuk dosis yang dilarutkan dalam air, Petro Nitrat 0,4-0,5 kg + ZA 0,25  kg dilarutkan dalam 20 liter air/pohon. pemupukan ini dilakukan terus selamanya untuk mendapatkan hasil yang maksimal” imbuhnya.

Dengan adanya demplot yang dilakukan Untuk sistem bujangseta yang di padu dengan pemupukan memakai produk NPK Petro Nitrat ini Mansur mengaku dapat meningkatkan perekonomian dan harga jual jeruknya. Harga jual buah milikya bisa mendapatkan harga 15-16 ribu /kg, hal ini karena pohon jeruk bisa berbuah di luar musim dan buahnya yang dihasilkan berkualitas bagus.

Acara FFD ini mendapat antusias yang luar biasa dari anggota kelompok tani Madani, dengan adanya demplot dan acara FFD ini  membuat petani lain semakin bersemangat ingin lebih dalam mengetahui dan mempelajari sistem bujanseta dan produk-produk Petrokimia lainnya.(Lukman/PPD Banyuwangi)

About the Author /

sahabatpetanindo@gmail.com

Post a Comment