Loader
 

Kombinasi Pemupukan Berimbang Phonska Plus dan Phonska Oca Tingkatkan Produktivitas

sahabatpetani.com – Hasil demonstrasi plot (demplot) pemupukan berimbang PT Petrokimia Gresik kembali meraih hasil yang gemilang. Demplot yang dilakukan di Desa Walitelon Utara, Kecamatan Temanggung, Kabupaten Temanggung mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Dari hasil panen yang telah dilakukan pada rabu(23/9) diperoleh hasil 6,8 ton/Ha, atau meningkat sebesar 0,8 ton/Ha dari kebiasaan petani sekiar, dimana sebelumnya hanya memperoleh produktivitas sebesar 6 ton/Ha saja.

Menurut Sukirman, petani yang dipercaya sebagai demonstrator oleh PT Petrokimia Gresik mengungkapkan jika panen di lahannya kali ini hasilnya luar biasa. “Lahan sempat terserang tikus dan burung, tapi setelah dipanen hasilnya mencapai 6,8 ton/Ha. Hasil ini meningkat dari tahun kemarin yang hasilnya 6 ton/Ha dan tidak terserang hama,” jelasnya.

Hartono selaku Bapak Camat Kelurahan Walitelon Utara mengatakan Demplot ini sebagai antisipasi isu krisis pangan di masa pandemi covid-19. “Demplot ini sebagai antisipasi kami terhadap isu krisis pangan selama pandemi covid 19, dimana dari hasil ini, kita melihat produktifitas dapat ditingkatkan dengan penerapan budidaya yang tepat. Kami berharap ini dapat dicontoh oleh petani-petani sekitar. Dengan meningkatkan produktifitas harapannya dapat juga meningkatkan kesejahteraan petani ditengah pandemi covid-19,” paparnya.

Hal serupa disampaikan oleh Kurniawan selaku Staf Perwakilan Daerah Penjualan (SPDP) wilayah Temanggung, demplot ini merupakan salah satu dukungan Petrokimia Gresik dalam mendukung ketahanan pangan ditengah masa pandemi ini. “Dimasa pandemi seperti ini Intensifikasi pertanian dan perbaikan kualitas lahan menjadi salah satu strategi untuk menggenjot produksi dan produktivitas tanaman pangan di tengah ancaman krisis pangan,” ungkapnya.

“Salah satu cara dukungan kami ialah melalui demplot ini, dimana dalam demplot ini diaplikasikan rekomendasi pemupukan berimbang. Tidak hanya mengaplikasikan pupuk anorganik saja tapi kami kombinasikan dengan pupuk organik”.

Adapun rekomendasi pemupukan pada demplot ini yaitu menggunakan pupuk organik Petroganik
(500 kg/ha), NPK Phonska Plus (300 kg/ha) dan Urea (200/ha). Dalam pola ini, Petrokimia Gresik juga mengajak petani untuk menjaga kelestarian alam melalui penggunaan pupuk organik. Sedangkan penggunaan NPK Phonska Plus berfungsi untuk meningkatkan produktivitas tanaman padi.

Selain itu, pada demplot ini juga diaplikasikan pupuk organik cair Phonska Oca. Dimana pada luasan satu hektare cukup diaplikasikan 5 liter Phonska Oca. Phonska OCA yang merupakan bentuk komitmen kami untuk turut berperan serta dalam upaya peningkatan hasil pertanian dan perbaikan kondisi lahan di Indonesia melalui pertanian berkelanjutan (SP)

Editor : Adh/Fct

About the Author /

sahabatpetanindo@gmail.com

Post a Comment