Loader
 

Kombinasi Pengaplikasian Phonska Oca & Phonska Plus Produktivitas Panen Meningkat Hingga 3 Ton/Ha

sahabatpetani.com – Petrokimia Gresik, perusahaan Solusi Agroindustri anggota holding Pupuk Indonesia mendukung upaya Pemerintah Kabupaten Wonogiri dalam meningkatkan produktivitas pertanian melalui panen demonstration plot (demplot) pemupukan berimbang di Kecamatan Slogohimo,Desa Gunan, Rabu (23/9).

Dari hasil aplikasi pupuk NPK Phonska Plus dan pupuk organik cair Phonska Oca pada lahan demplot ini terbukti mampu meningkatkan produktivitas. Pada lahan di Kecamatan Slogohimo hasil produktivitas menigkat menjadi 9,76 ton/Ha, atau meningkat 3,04 ton/Ha dari hasil panen kebiasaan petani setempat sebesar 6,72 ton/Ha.

Wiro Suripno, salah satu petani demonstrator demplot mengatakan bahwa hasil ini jauh dari hasil tahun kemarin. “Hasil panen kali ini sangat luar biasa dan diluar perkiraan, tahun kemarin saya hanya panen sekitar 6 ton an, tapi sekarang meningkat menjadi 9 ton,” jelasnya.

“Dari sisi pertumbuhan pun terihat sangat bagus, bulir padinya lebih mentes (terisi penuh), anakan produktif lebih banyak,” imbuhnya.

Afik selaku Staf Perwakilan Daerah Penjualan (SPDP) wilayah Wonogiri mengatakan bahwa kegiatan demplot ini sebagai salah satu sarana dalam mendukung peningkatan produktivitas dan edukasi bagi Petani.

“Alhamdulillah dari hasil panen yang telah dilakukan, terlihat adanya penigkatan produktivitas yang cukup signifikan. Kegiatan demplot ini juga merupakan salah satu upaya kami dalam mendukung penigkatan produktivitas di Kabupaten Wonogiri khususnya Kecamatan Slogohimo. Selain itu, demplot ini juga sebagai sarana edukasi bagi petani sekitar yang harapannya dari hasil demplot ini dapat dicontoh baik budidaya maupun rekomendasi pemupukannya,” jelas Afik.

Adapun pemupukan berimbang rekomendasi Petrokimia Gresik yaitu menggunakan pupuk organik Petroganik (500 kg/ha), NPK Phonska Plus (300 kg/ha) dan Urea (200/ha). Dalam pola ini, Petrokimia Gresik juga mengajak petani untuk menjaga kelestarian alam melalui penggunaan pupuk organik. Sedangkan penggunaan NPK Phonska Plus berfungsi untuk meningkatkan produktivitas tanaman padi.

NPK Phonska Plus merupakan pupuk komersil unggulan Petrokimia Gresik dengan formulasi 15-15-15 yang diperkaya dengan unsur hara mikro Zink. Pupuk ini menjadi relevan karena kandungan Zink pada lahan pertanian di Indonesia sudah sangat berkurang. Inilah keunggulan NPK Phonska Plus yang tidak dimiliki NPK Phonska bersubsidi.

Selain itu, pada demplot ini juga diaplikasikan pupuk organik cair Phonska Oca. Dimana pada luasan satu hektare cukup diaplikasikan 5 liter Phonska Oca. Phonska OCA yang merupakan bentuk komitmen kami untuk turut berperan serta dalam upaya peningkatan hasil pertanian dan perbaikan kondisi lahan di Indonesia melalui pertanian berkelanjutan.(SP)

About the Author /

sahabatpetanindo@gmail.com

Post a Comment