Loader
 

Kundur, Surga Durian di Kepulauan Riau

Sahabatpetani.com – Kundur. Demikian orang biasa menyebut sebuah pulau yang terletak Provinsi Kepulauan Riau. Posisinya bersebelahan dengan Malaysia dan berbatasan dengan Singapura.  Pulau itu berada di perairan laut Kabupaten Karimun. Meski luasnya hanya 48 km2, tetapi Kundur populer sebagai surga durian enak. Para penggemar durian asal Malaysia dan Singapura tentu tak asing dengan nama pulau yang memiliki luas 2 kali Pulau Karimun, Provinsi Kepulauan Riau.

Pulau Kundur terkenal dengan kekayaan jenis durian berkelas. Koleksi durian yang dimiliki pekebun di sana tak diragukan lagi kualitasnya. Sebut saja musang king, durian introduksi yang kini naik daun. Warga Kundur menyebutnya sebagai kesep, yang memiliki arti daging tebal sekaligus biji kempis. Diduga karena posisinya yang berdekatan dengan Malaysia, membuat penanaman durian-durian introduksi Malaysia telah lama dilakukan. Musang king contohnya, telah ditanam sejak 30 tahun yang lalu. Sosoknya berupa pohon dengan tinggi 25 meter dan konon si pemilik bisa memanen hingga 200 buah setiap musimnya.

Selanjutnya, beragam jenis introduksi terbaru mulai meramaikan Pulau Kundur. Para pekebun merintis budidaya secara intensif. Generasi kedua mulai menanam musang king sekitar 2008. Beberapa klon durian unggulan seperti ochee, D24, D168, D13, MDur 88, hingga kanjao, jadi pilihan utama. Para pekebun telah menerapkan penanaman durian layaknya kebun komersial. Mereka mengatur bibit dengan jarak tanam teratur dan penempatan sesuai jenis. Seiring dengan waktu, pengusahaan kebun yang tepat memperlihatkan hasil yang memuaskan. Banyak turis Singapura, Malaysia, dan beberapa asal Indonesia mulai berdatangan, terutama akhir pekan. Mereka mencoba durian super asal pulau yang memiliki 3 kecamatan ini. Durian-durian keluaran Kundur juga dipesan langsung oleh para pedagang di pulau Batam.  Tak heran bila Pulau Kundur kian kondang sebagai daerah wisata durian.(SP)

About the Author /

sahabatpetanindo@gmail.com

Post a Comment