Loader
 

Lomba Demplot Petroganik Dan Phonska Plus antar anggota kelompok Tani

sahabatpetani.com – Paguyuban Produsen Petroganik Surakarta meliputi 11 produsen Petroganik se Solo Raya (Sragen, Klaten,Boyolali,Karanganyar, Sukoharjo dan Wonogiri) yang diketuai oleh Bapak Singgih Santoso menggelar lomba demplot menggunakan Petroganik dan Phonska Plus antar anggota kelompok tani. Kegiatan lomba ini diselenggarakan di 6 Kabupaten se-Solo Raya dimana masing masing kabupaten hanya menunjuk satu kelompok tani untuk diadakan lomba.

Program lomba ini dilaksanakan pada musim tanam semester I tahun 2019/2020 bulan Nopember 2019 dan panen bulan maret 2020. Tujuan diadakan lomba ini adalah untuk lebih mengoptimalkan penggunaan Petroganik dan Phonska Plus di kalangan petani, juga agar petani lebih bersemangat dalam bekerja.

“Lomba ini bertujuan untuk mengoptimalkan serapan Pretroganik dan Phonska Plus. Selain itu lomba ini juga sebagai bentuk edukasi terhadap petani terkait manfaat dari pupuk organik Petroganik dan pupuk Phonska Plus kepada petani dan menumbuhkan semangat kerja dari para pahalawan pangan.” Ucap Singgih.

Lomba ini mendapat respon positif dari para petani, petani saling berlomba-lomba memberikan kawalan yang maksimal pada tanamannya untuk menjadi yang terbaik. Untuk Kabupaten Sragen, Kegiatan lomba demplot Petroganik-Phonska plus ini dilakukan di Kelompok Tani Ngudi Rahayu 3 Desa Krikilan Kec. Masaran Kab Sragen, diikuti oleh semua anggota kelompok tani,

Adapun ketentuan lomba yaitu

  1. Petani merupakan anggota kelompok tani ngudi Rahayu 3
  2. Petani mempunyai luas lahan 0,35 Ha atau sepatok (rata-rata kepemilikan petani)
  3. Varietes padi bebas, namun tidak boleh menggunakan varietas padi hibrida
  4. Tidak ada ketentuan dosis yang pasti dalam proses pemupukan. Petani dipersilahkan berkreasi sendiri dalam dosis pemupukanya. Namun petani wajib memakai pupuk organik Petroganik dan pupuk Phonska Plus dalam pemupukannya

Dari hasil ubinan yang telah dilakukan pada senin(16/3/2020) terdapat tiga juara, dengan Bapak Sutikno sebagai juara pertamanya.

Juara 1 ; Bapak Sutikno dengan hasil ubinan 6,315 Kg atau 10, 1 Ton per Ha

Juara 2 : Bapak Suyatno dengan hasil ubinan 6,2 Kg atau 9,9 Ton per Ha

Juara 3 : Bapak sahlan dengan hasil ubinan 6.0 atau 9,6 Ton per Ha.

Dari lomba ini juara 1 mendapatkan uang tunai 1 Juta rupiah, untuk juara 2 mendapatkan uang tunai senilai Rp. 750.000,- dan untuk juara ketiga mendapatkan uang tunai sebesar Rp. 500.000,-

Perlakuan pemupukan yang dilakukan Bapak Sutikno sebagai juara pertama yakni dengan mengaplikasikan pupuk organik petroganik sebanyak 600 Kg/ha, pupuk Phonska Plus sebanyak 300 kg/Ha, ZA sebanyak 100kg/Ha, SP-36 sebanyak 50 Kg/ha dan Urea sebanyak 100 kg/Ha. Ia juga menambahkan ZK dengan pengaplikasian dengan cara disemprot diumur tanaman 35 dan 50 HST.

“Saya sangat senang dengan adanya lomba ini, ini membuat saya dan temen-temen lainnyasemakin bersemangat. Selain itu, saya jadi lebih tau tentang manfaat dari pupuk organik Petroganik dan pupuk Phonska Plus yang terbukti bagus kualitasnya dan bisa meningkatkan hasil panen saya,” ucap Sutikno.(Cahyo Sulistyo PPD Sragen/SP)

Editor : Adhit/Fathkur

About the Author /

sahabatpetanindo@gmail.com

Post a Comment