Loader
 

MANFAAT EMPON – EMPON BAGI KESEHATAN

sahabatpetani.com – Sahabat, Indonesia dikenal dengan Negeri “gemah ripah loh jinawi” bagaimana tidak, berbagai tanaman dapat tumbuh dibumi pertiwi ini, salah satunya adalah rempah-rempah atau dalam bahasa Jawa disebut “Empon- empon”. Dengan didukung sumber daya alam yang subur, melakukan budidaya tanaman keluarga umbi – umbian ini cukup mudah dilakukan hampir di seluruh wilayah di Indonesia. Mulai dari skala rumah tangga maupun skala industri sehingga bahan empon-empon cukup mudah diperoleh.

Selain mudah dalam budidayanya, empon-empon juga memiliki banyak manfaat. Pemanfaatanya disesuaikan dengan kebutuhan, dapat digunakan sebagai bumbu dapur seperti : jahe, kunyit, lengkuas, temulawak, temu kunci, dan bahan lainnya.

Selain sebagai bumbu dapur, empon-empon ini dapat juga dimanfaatkan untuk dibuat minuman guna

menunjang kebugaran tubuh. Dengan mencampurkan beberapa bahan-bahan seperti : Jahe, temulawak, kunyit, serai, kayu manis, gula merah / madu dan sedikit peresan air jeruk dan diminum selagi masih hangat setelah makan mampu untuk menjaga daya tahan tubuh dan meningkatkan imunitas.

Imunitas sangat dibutuhkan untuk membentengi diri dari berbagai penyakit sahabat, apalagi saat ini seluruh belahan dunia dilanda pandemi covid-19. Selain membiasakan mencuci tangan, memakai masker disetiap aktivitas diluar rumah. Menjaga & meningkatkan imunitas merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Dalam memanfaatkan empon-empon sebagai minuman untuk meningkatkan imunitas tubuh tentu perlu resep yang tepat. Sahabat berikut salah satu resep dalam mengolah empon-empon sebagai minuman herbal yang menyehatkan :

  1. Resep menstabilkan kadar kolestrol : Temulawak 1 rimpang, kunyit 3 ruas, kencur 1 ruas, daun salam 2 lembar direbus bersama              3 gelas air, didihkan menjadi 1 gelas, diminum 1x seminggu.  
  2. Resep untuk mengobati batuk & tenggorokan serak : Kencur disangrai / dibakar diberi air hangat disaring lalu diminum mengatasi
  3. Resep mengurangi mendengkur : Kunyit diparut diambil airnya diberi gula merah, minum 5 hari berturut-turut, mengatasi

Bagaimana sahabat? banyak sekali manfaat dari empon-empon ini bagi kebugaran tubuh kita. Meminumnya bisa dilakukan di pagi hari atau sore hari. Mari kita coba membuat empon-empon dirumah. (F. Ardi/SP)

Editor : Adhit/Fathkur

About the Author /

sahabatpetanindo@gmail.com

Post a Comment